DINAS KELAUTAN SALURKAN BANTUAN BAGI NELAYAN
DINAS KELAUTAN SALURKAN BANTUAN BAGI NELAYAN

detikcyber.com Kajen –“Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pekalongan, pemkab salurkan bantuan bagi nelayan dan pelaku usaha perikanan di TPI Jambean, Kecamatan Wonokerto. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E.,M.M., pada Rabu sore (3/11/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Kajari Kabupaten Pekalongan Abun Hasbulloh Syambas S.H.,M.H., Wakapolres Pekalongan Kompol Ketut, Wakil Ketua DPRD Sumar Rosul, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Sirhan, Kepala Bappeda M. Yulian Akbar, S.Sos., M.Si., Kepala Dinkominfo H. Anis Rosidi, S.Sos., M.Si., Kepala Dinkes, Setiawan Dwi Antoro, S.KM., M.Kes., Kepala Pelaksana BPBD Budi Raharjo, AP., Plt Dinas Perkim LH Murdiarso, S.T., M.T. Kepala DPU TARU Ir. H. Bambang Irianto, M.Si., dan Kepala OPD lainnya.

Dimana bantuan tersebut berupa life jacket, alat pendeteksi ikan, pelampung dan radio monitor, bantuan yang akan diberikan kepada 84 orang nelayan dan 10 orang pembudidaya, pengolah dan pemasar 4 orang. Selain terdapat juga bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah berupa Solar gratis untuk 261 nelayan yang masing-masing mendapat 200 liter.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengungkapkan bahwa tujuan utama diadakanya penganggaran untuk bantuan tersebut adalah memotivasi para pelaku perikanan dalam meningkatkan produksi nilai perikanan, baik penangkapan, budidaya dan pengolahan hasil perikanan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha perikanan di Kabupaten Pekalongan.

Untuk itu Fadia berharap bantuan yang telah diberikan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga penghasilan nelayan dan pelaku usaha kelautan bisa maksimal.‘’Bantuan yang sudah kita berikan hari ini mungkin belum semua, tetapi saya yakin ini sudah maksimal. Dan saya berharap ini bantuannya tidak boleh diperjual belikan, melainkan dimanfaatkan dan dipergunakan dengan baik, sehingga hasilnya pun bisa maksimal,’’ungkap Bupati Pekalongan Fadia Arfiq.

Selain itu, Fadia juga menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan fungsi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jambean, pihaknya telah menganggarkan berbagai program pembangunan jalan menuju TPI Jambean supaya konsumen bisa dipermudah untuk melakukan transaksi jual beli.

Karena Ia meyakini, apabila support pemkab sudah maksimal untuk pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan ekonomi masyarakat di daerah pesisir, maka nilai ekonomi di Kabupaten Pekalongan pun akan ikut naik.

‘’ Hal itu karena memang kondisinya sangat memprihatinkan menurut saya. Yang sudah kita lakukan yaitu pembangunan jalan arah ke TPI Jambean ini sudah dianggarkan sebesar 600 juta dan sekarang sedang dilaksanakan,’’

‘’Selain itu, Jalan Wonokerto ke perumahan nelayan telah kita anggarkan untuk pembangunan sebesar 2,3 milyar. Dan di nanti tahun 2022 saya usahakan jalan menuju ke TPI Jambean Wonokerto ini bisa dianggarkan 7 Milyar,’’ jelasnya.

Sementara itu, dalam acara tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Drs. Sirhan menuturkan dalam sambutannya, bahwa program bantuan bagi para nelayan dan pelaku usaha hasil laut dari Pemkab Pekalongan bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2021. Yang langsung ditujukan untuk peningkatan hasil tangkap nelayan.
‘’Sumber anggaran dari APBD Tahun Anggaran 2021 dan Hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Yang kami tujukan kepada peserta yang kami diundang sebanyak 98 orang terdiri dari nelayan 84 orang, pembudidaya 10 orang , pengolah dan pemasar 4 orang,’’ tuturnya.

Dan Sirhan berharap, program semacam ini akan terus bisa pihaknya anggarkan di tahun-tahun berikutnya, untuk membantu nelayan dan pelaku usaha kelautan.

Selain itu, mewakili para penerima bantuan, Ketua TPI Jambean Rajan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Pekalongan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan bantuan kepada para nelayan.

Dan Ia berharap, para nelayan, pembudidaya ikan dan pelaku usaha hasil laut bisa lebih diperhatikan lagi kedepannya. ‘’Saya ucapkan terimakasih sebanyak kepada Ibu Bupati yang telah datang kesini untuk memberikan bantuan kepada kami, ditengah situasi pandemic yang menyulitkan kami ini,’’ ujarnya.
( L E L E S )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Speed up and optimize your PC with CCleaner

CCleaner is the number one tool for cleaning your PC.
It protects your privacy and makes your computer faster and more secure.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure