Klenteng Poo An Kiong Blitar Ludes Terbakar Dilalap Api

detikcyber.com,Blitar – Bangunan Klenteng Poo An Kiong Blitar terbakar, Senin (22/11) pukul 16.00. Meski tidak ada korban jiwa, namun seluruh isi klenteng ludes dilalap si jago merah. Dugaan sementara api bersumber dari hubungan singkat arus listrik. Kondisi saat kebakaran, pintu klenteng dalam kondisi tetutup. Bahkan saat itu tidak ada yang tugas jaga.
Hal ini diungkapkan Ali Swan Kiang salah satu pengurus Klenteng.

“Saat kebakaran tidak ada penjaganya. Kebetulan yang biasa tugas jaga tidak masuk. Sedangkan pintu kondisi terkunci,”ungkapnya.

Lebih lanjut Ali yang biasa disapa, menyebutkan meski tidak ada korban jiwa, seluruh isi klenteng ludes. Kerugian belum bisa ditafsirkan, “imbuhnya.

Sedikitnya 7 unit pemadam kebakaran berhasil meredakan api. Dibantu mobil water canon dari Polres Blitar Kota.

Kejadian ini membuat jalan kota macet total. Sedangkan musibah tersebut menjadi perhatian ratusan warga ingin menyaksikan kebakaran tersebut.
Sementara, ketua RW 2 Juwani saat dikonfirmasi menjelaskan, kebakaran tersebut agar tidak merembet ke rumah warga. Karena sekitar Klenteng padat pemukiman penduduk.

“Kami bersama warga spontasnitas berupaya memadamkan api, agar tidak merembet ke rumah warga,”ungkapnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi menjelaskan, motif kebakaran masih dalam penyelidikan. “Kami akan lakukan penyelidikan motif kebakaran tersebut, termasuk uji labfor nanti,” ujarnya.(VDZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *