GAKI (GERAKAN ANTI KORUPSI INDEPENDEN) SEGERA LAPORKAN DINSOS KABUPATEN BLITAR

detikcyber.com, BLITAR – Pasca somasi yang di kirimkan Didik Rudiyanto,SH,MH Ketum Dewan Pimpinan Nasional GAKI ke Dinas Sosial Kabupaten Blitar perihal laporan dugaan penyalah gunaan dan tindak pidana korupsi,KKN BPNT di Dinsos Kabupaten Blitar sampai batas waktu yang ditentukan pihak Dinas Sosial belum merespon balasan kepada Dewan Pimpinan Nasional.

Dalam somasinya diduga potensi kerugian Negara terkait BPNT dikabupaten Blitar selama satu tahun yang dikorupsi sebesar Rp 32.676.420.000 (Tiga Puluh Milyar Enam Ratus Tujuh Puluh Empat Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah).

Pada saat dikonfirmasi melalui voice note Whatsapp, Rabu (15/09/2021) Didik Rudiyanto SH,MH dalam minggu ini bila belum juga ada jawaban atau balasan dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Blitar maka dengan tegas GAKI akan melaporkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di Surabaya.

” Intinya kami dari GAKI karena Dinas Sosial Kabupaten Blitar tidak merespon surat kami, minggu depan insya allah Senin atau Selasa kami akan melayangkan laporan resmi ke Kejati Jawa Timur di Surabaya biar ditindak lanjuti menyelidiki kasus penyimpangan BPNT
di Kabupaten Blitar.” jelas Didik.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank. Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *