Bersama TMMD, Desa Plosorejo Kecamatan Matesih Kab Karanganyar Dicanangkan Tuntas Vaksinasi

detikcyber.com, Karanganyar – Tuntas vaksinasi Covid-19 dimasukkan di program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Desa Plosorejo, Matesih Karanganyar Jateng. Sekitar 2.800 warga di desa ini diprioritaskan mendapat vaksin tersebut.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan hal itu usai meninjau pengerjaan fisik jalan, jembatan dan gorong-gorong. Di desa ini, TNI bersama Pemda dan Pemdes bergotong-rotong membangun selama 30 hari

Desa Plosorejo akan dijadikan pioner desa tuntas vaksin covid-19 di Karanganyar. Pemberian vaksinnya selama program TMMD berlangsung. Berapapun kebutuhannya, akan diberikan,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada wartawan.

Berdasarkan progres vaksinasi di Desa Plosorejo, baru lansia saja yang menyelesaikan vaksinasi. Dari total 4.000-an penduduknya, kalangan lansia menduduki porsi 30 persen.
Lebih lanjut Juliyatmono mengatakan, progres vaksinasi di Kabupaten Karanganyar menyentuh 38 persen. Melalui program desa tuntas vaksin, ia ingin mendongkrak progresnya sampai 50 persen lebih.

Sekarang sudah level 3 PPKM. Sebenarnya kalau dihitung, Karanganyar layak masuk level 2. Namun karena wilayah Aglomerasinya masuk level 3, kita mau tidak mau ikut ke sana,” katanya.

Vaksinasi tuntas di Desa Plosorejo melalui TMMD ditarget selesai pada bulan ini. Selanjutnya, desa lain akan disasar. Ia tak memungkiri butuh energi ekstra mewujudkannya.

Viralkan tentang desa tuntas vaksin. Harapannya, pemerintah pusat dan provinsi mendukungnya dengan terus menyuplai logistik vaksin,” paparnya

Kepala Desa Plosorejo, Hendri Widayati memastikan tak ada yang menolak vaksinasi. Semua yang membutuhkan vaksin, akan didata dalam vaksin tuntas.

Camat Matesih, Ardiansyah mengatakan terdapat empat kalangan sasaran vaksin. Yakni lansia, disabilitas/orang dengan gangguan jiwa, 18 tahun plus dan 12 tahun plus.

Untuk 18 plus saja baru dimulai. Yang sudah selesai baru lansia. Untuk pelajar atau 12 plus bertahap. Kami mendapat kehormatan dicanangkan jadi Desa Tuntas Vaksin,” ungkapnya.

Wartawan : Dawam mashuri

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *