RSUD NGUDI WALUYO WLINGI BLITAR GUNAKAN INOVASI REKAM MEDIK ELEKTRONIK DALAM PELAYANANNYA
RSUD NGUDI WALUYO WLINGI BLITAR GUNAKAN INOVASI REKAM MEDIK ELEKTRONIK DALAM PELAYANANNYA

detikcyber.com, BLITAR – Salah satu penggunaan teknologi informasi (TI) di bidang kesehatan yang menjadi trend dalam pelayanan kesehatan secara global adalah rekam medik elektronik. Di Indonesia, dikenal dengan Rekam Medik Elektronik (RME). RME sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam medik kesehatan berbentuk kertas.

tSecara administratif rekam medis elektronik bermanfaat sebagai gudang penyimpanan informasi secara elektronik mengenai status kesehatan dan layanan kesehatan yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya.

Selain itu, penggunaan rekam medis elektronik memberikan manfaat kepada dokter dan petugas kesehatan dalam mengakses informasi pasien yang pada akhirnya membantu dalam pengambilan keputusan klinis. Pencatatan rekam medis adalah wajib bagi dokter dan dokter gigi yang melakukan tindakan medis kepada pasien, sesuai dengan aturan sehingga tidak ada alasan bagi dokter untuk tidak membuat rekam medik tersebut.

Rekam medik elektronik merupakan solusi bagi rumah sakit untuk mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi di rumah sakit seperti tempat penyimpanan yang besar, hilangnya rekam medis, pengeluaran data yang dibutuhkan, dan lain-lain.

RSUD Ngudi Waluyo Wlingi yang terletak di Wlingi Blitar dalam kebutuhan nya telah melakukan inovasi dengan menggunakan Rekam Medik Elektronik (RME) dalam pelayanannya baik internal maupun eksternal.

Ta’adi,SKM,MKes Ka.Sub.Bag Rekam Medik menyampaikan ” Pelayanan ini di gunakan untuk keperluan internal dan eksternal, eksternal merupakan pelayanan terhadap pasien dan keluarga untuk kecepatan dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen. Secara internal rekam medik elektronik mempermudah pelayanan”.

Selain memudahkan pelayanan inovasi rekam medik elektronik ini mengefisienkan dokumen dokumen (hard copy) analog ke dokumen digital (soft copy), sehingga irit dalam penggunaan ruang.

Pelayanan di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi saat ini dengan Rekam Medik Elektronik ini pelayanan sangat cepat, input data pasien dilakukan melalui sistem dan sesaat itu pula data pasien sudah dapat diakses oleh unit kerja dan bahkan terakses ke BPJS sehingga proses penanganan pasien tidak membutuhkan waktu lama dan tidak ada lagi penumpukan antrian pasien yang berobat melalui poli rumah sakit.

Dengan inovasi baru Rekam Medik Elektronik ini RSUD Ngudi Waluyo menjadi pilihan masyarakat Blitar untuk rujukan berobat maupun untuk rawat inap.

Wartawan : Volla DZ

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Speed up and optimize your PC with CCleaner

CCleaner is the number one tool for cleaning your PC.
It protects your privacy and makes your computer faster and more secure.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure