KPK Sita Aset Bupati Non AKtif Kutai Kartanegara Rita Widyasari Sejumlah Rp70 M
KPK Sita Aset Bupati Non AKtif Kutai Kartanegara Rita Widyasari Sejumlah Rp70 M

detikcyber.com, JAKARTA– Lembaga anti rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita sejumlah aset milik Rita Widyasari Bupati nonaktif Kutai Kartanegara, sejumlah Rp70 miliar. Aset tersebut disita terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Rita bersama Komisaris PT Media Bangun Bersama, Khairudin adalah tersangka korupsi dan gratifikasi dalam sejumlah proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis, Jumat (19/7).

Rita juga diketahui diperiksa sebagai saksi untuk Khairudin. Febri mengatakan pihaknya masih menelusuri sejumlah aset. Selain itu, KPK juga mendalami sejumlah informasi terkait dana yang digunakan untuk membeli aset dan barang-barang lainnya dari pemeriksaan hari ini.

“KPK mendalami informasi transaksi perbankan, dan asal usul dan penggunaan yang yang diduga dari hasil korupsi untuk pembelian sejumlah barang, termasuk pembelian tas, jam dan aset lain,” ungkap Febri.

Rita dan Khairudin diduga mencuci uang dari hasil tindak pidana korupsi dan gratifikasi dalam sejumlah proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, sebesar Rp436 miliar.

Rita dan Khairudin telah membelanjakan penerimaan hasil gratifikasi tersebut untuk membeli kendaraan yang menggunakan nama orang lain, tanah, uang tunai maupun dalam bentuk lainnya.

Penyidik KPK telah menyita sejumlah aset milik Rita berupa tiga unit mobil, yaitu Toyota Vellfire, Ford Everest, dan Land Cruiser, kemudian dua unit Apartemen di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penyidik KPK juga menyita sejumlah dokumen dan transaksi keuangan atas indikasi penerimaan gratifikasi, serta dokumen perizinan lokasi perkebunan Kelapa Sawit dan proyek-proyek di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Akibat perbuatannya, Rita dan Khairudin disangkakan melanggar Pasal Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.(Dido)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Speed up and optimize your PC with CCleaner

CCleaner is the number one tool for cleaning your PC.
It protects your privacy and makes your computer faster and more secure.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure