Pledoi Walikota Blitar Bantah Terima Suap

detikcyber.com,  Sidoarjo – Wali Kota Blitar non aktif Samanhudi Anwar menjalani sidang. Kali ini dalam pledoi (pembacaan nota pembelaan) di Pengadilan Tipikor, Surabaya dia menolak semua dakwaan yang dituduhkannya.

Dalam persidangan, Samanhudi ditemani terdakwa lainnya yaitu Bambang Purnomo. Selanjutnya Majelis hakim mempersilahkan tim penasehat hukum untuk membacakan pledoi.

Dipersidangan, penasehat hukum Samanhudi, Mustofa Abidin mengatakan, terdakwa Samanhudi tidak pernah menerima uang 1.5 miliar dari Susilo Prabowo alias Embun,” katanya di ruang Candra, Pengadilan Tipikor, Juanda Surabaya, Kamis (10/1/19).

Terdakwa lanjut Mustofa, sama sekali tidak mengetahui bahwa uang telah disiapkan oleh Susilo Prabowo. Karena sebelumnya permohonan pinjam uang yang diajukan oleh terdakwa telah ditolak.

Setelah uang dipersiapkan, terdakwa I (Samanhudi Anwar) tidak tahu bahwa uang tersebut harus diambil di rumah terdakwa II yakni Bambang Purnomo alias Totok. Fakta inilah yang mengakibatkan uang tersebut benar-benar tidak pernah diterima oleh Samanhudi,” ungkapnya.

Namun sebelumnya, setelah menitipkan uang, Susilo Prabowo tidak pernah memberitahukan ke Samanhudi bahwa telah disiapkan uang di rumah Bambang Purnomo.

Mustofa optimis bahwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap kliennya itu menurutnya tidak terbukti. Karenanya Mustofa meminta keadilan yang seadil-adilnya untuk pembebasan terdakwa dari segala tuntutan hukum. (Reinaldi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *