TINGKATKAN LAYANAN PUSKESMAS GANDUSARI DINILAI TIM AKREDITASI KEMENTRIAN KESEHATAN RI

detikcyber.com, BLITAR – Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 bahwa setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) wajib untuk diakreditasi. Mengacu perihal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar telah menunjuk 12 Puskesmas untuk mendapatkan akreditasi dari tim Kementerian Kesehatan. Salah satunya Puskesmas Gandusari Kabupaten Blitar.

Tim surveyor dari tim Komite Akreditasi Nasional (KAN) Kementerian Kesehatan RI melakukan survey Akreditasi kelayakan standar pada Puskesmas Gandusari Kabupaten Blitar mulai tanggal 13-15 September.

Tujuan dari Akreditasi adalah perbaikan pelayanan kesehatan yang diamanatkan PERMENKES Nomer 75 Tahun 2014 tentang Pukesmas serta pasal 39 ayat 1 bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Pukesmas wajib di Akreditasi secara berkala setiap 3 Tahun sekali. Mulai dari perbaikan dokumen administrasi sampai pelayanan kesehatan, yang intinya akreditasi bukan merupakan beban bagi Pukesmas tetapi bentuk pelayan yang lebih baik ,bukan sekedar hanya penilaian mendapatkan sertifikat Akreditasi saja . Ada akreditasi maupun tidak pelayanan tetap harus maksimal dan kita senantiasa menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan di Pukesmas serta tertib administrasi”ujar dr Anggit Ditya Putranto Kepala Pukesmas Gandusari.

Ada 4 tingkatan Akreditasi bagi Pukesmas lanjut Anggit, dimulai dari tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. Sedang untuk Pukesmas Gandusari baru pertama ini di Akreditasi.  Diharapkan kedatangan tim ini mendorong upaya membangun dan komitmen pihak Pukesmas memberikan pelayan Kesehatan terbaik kepada masyarakat, karena kesehatan merupakan yang utama dalam kehidupan, ”pungkas Anggit Ditya Putranto.

Perlu diketahui di Kabupaten Blitar ada 1 Puskesmas yang menyandang akreditasi utama yakni Puskesmas Kesamben. Sementara Puskesmas lainnya menyandang status madya.

Sementra itu Tim dari Akreditasi Kementrian Kesehatan belum bisa dikonfirmasi karena masih melakukan survey di lapangan untuk mengecek langsung data-data dari Pukesmas. (Anton)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *