Dua Pengedar Upal Ditangkap

detikcyber.com, BOJONEGORO – Polisi berhasil menangkap dua pelaku dan sekaligus menyita puluhan lembar upal dan uang asli pecahan Rp 50 ribu. Dua pengedar uang palsu (upal) tersebut adalah Ipul (21), warga Desa Pilangsari, Kecamatan Kalitidu dan Herianto alias Gendut, warga Cepu.

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli

Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menerangkan, “berawal dari informasi masyarakat, kami amankan pertama tersangka Ipul,” ujarnya, Kamis (13/8/2018). Ipul diamankan di kos nya di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Dari Ipul, polisi menyita 38 lembar upal pecahan Rp 50 ribu.

Masih menurut Ary, dari pengakuan tersangka Ipul akhirnya polisi menangkap Herianto dan menyita 28 lembar upal pecahan Rp 50 ribu.Kedua tersangka ini mendapatkan uang dari seseorang berinisial JT di Blora. JT masih kami kejar,” tegas Ary.

Lebih lanjut Ary menduga JT ini merupakan pembuat upal tersebut dan merupakansatu jaringan dengan kedua tersangka. JT diduga berperan yang mengalirkan upal tersebut ke Ipul dan Herianto. Aksi peredaran upal di Bojonegoro ini telah dilakukan tersangka selama dua bulan terakhir. “Untuk menukar uang asli dan upal, modusnya kedua tersangka menggunakan untuk membeli barang elektronik yang dijual online,” lanjut Ary.

Karena kalau kedua tersangka membeli barang elektronik baru di toko takut upal yang mereka miliki bisa terdeteksi alat pengenal uang palsu. Barang elektronik tersebut dibeli dan kemudian dijual lagi.Hasilnya, uang asli dibagi dua oleh para pelaku,” jelas Ary.(Ngari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *