TERKUAK, HARTA KEKAYAAN WALIKOTA BLITAR NAIK LIMA KALI LIPAT

detikcyber.com, BLITAR – Sejak menjabat sebagai Walikota Blitar dua periode dari tahun 2010-2015 dan tahun 2016 hingga sekarang, kekayaan Samanhudi Anwar (58) naik drastis menjadi lima kali lipat. Data tersebut berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di laman https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/. Jumlah harta yang masuk data di KPK terhitung pada tanggal 30 juli 2015, kekayaan Walikota Non aktif Blitar itu diketahui senilai Rp 8,5 miliar lebih.

Jumlah harta kekayaan tersebut meningkat drastis lima kali lipat sekitar Rp 5,55 miliar lebih, dari yang sebelumnya dilaporkan di tahun 2010. Delapan tahun silam, Samanhudi melaporkan harta kekayaannya hanya sebesar Rp 3,05 miliar lebih.

Dalam laman resmi KPK disebutkan, Samanhudi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Blitar itu memiliki harta bergerak dalam bentuk tanah dan bangunan sejumlah 14 buah bidang tanah. Lokasinya di Kota Blitar dan Kabupaten Tulungagung dengan nilai mencapai Rp 4,5 miliar lebih.

Selain itu, seperti diposting detiknews Samanhudi Anwar mempunyai harta bergerak berupa 5 mobil dan 3 sepeda motor dan memiliki dua buah usaha penyewaan lapangan futsal senilai Rp 6,5 miliar. Dalam LHKPN Samanhudi, ia juga mengaku memiliki harta dalam bentuk giro dan setara uang kas total Rp 244 juta. Namun ia memiliki utang dalam bentuk pinjaman uang dan barang sebesar Rp 2,7 miliar.

Terpisah Plt Walikota Blitar Drs Santoso M.Pd saat dikonfirmasi Kamis (6/9) dikantornya perihal tersebut, mantan Sekda Kota Blitar itu enggan berkomentar. (Anton/Okta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *