KPK : Penyuap Bupati Tulungagung dan Walikota Blitar Segera Disidangkan

detikcyber.com, Jakarta – Penyidik lembaga anti rasuah (KPK) telah menyelesaikan berkas penyidikan milik tersangka Susilo Prabowo Dirut PT.Moderna Teknik. Susilo Prabowo alias Mbun merupakan penyuap Wali Kota nonaktif  Blitar M Samanhudi Anwar dan Bupati nonaktif Tulungagung, Syahri Mulyo.

“Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan satu tersangka, Susilo Prabowo dalam kasus suap terkait proyek pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Kota Blitar, ke penuntutan,” demikian dikatakan oleh juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (3/8/2018).

Jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK kini memiliki waktu setidaknya 14 hari untuk menyusun surat dakwaan. Susilo Prabowo menurut rencana akan menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jawa Timur. “Saat ini tersangka Susilo masih ditahan di Rumah Tahanan Cabang Gedung KPK,” tambah Febri.

Febri menerangkan, terkait penyidikan terhadap Susilo Prabowo, penyidik telah memeriksan 39 saksi dari berbagai unsur. Diantaranya, Walikota Blitar, PNS Kota Blitar, PNS Kabupaten Tulungagung, dan pihak Swasta.

Sedangkan untuk Syahri Mulyo Bupati nonaktif Tulungagung, KPK masih terus akan memeriksa sejumlah saksi lainnya. Penyidik pun memperpanjang penahanan Syahri Mulyo selama 30 hari ke depan,terhitung sejak 9 Agustus hingga 7 September 2018,” pungkas Febri.(Dido)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *