Menteri Kelautan Minta Pembangunan Pelabuhan di Yogyakarta Segera Selesai

detikcyber.com, Yogyakarta – Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan jika laut di selatan Pulau Jawa memiliki potensi yang sangat besar. Sehingga penyelesaian pembangunan pelabuhan-pelabuhan di selatan Pulau Jawa harus segera dilakukan.

Selain itu, salah satu pelabuhan yang pembangunannya belum selesai yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto yang dibangun di Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY. Pelabuhan Adikarto yang pembangunannya sudah dilakukan sejak 2011 silam hingga saat ini belum bisa dipergunakan.

Masalah pembangunan pelabuhan di Jawa selatan, kita mesti duduk bareng. Menemukan pemerintah (DIY) Kemenhub dan KKP. Siapa bikin apa siapa membuat apa,” ujar Susi di Hotel Inna Garuda, Rabu (1/8).

Susi menilai saat ini jumlah pelabuhan di laut selatan Pulau Jawa masih kurang. Padahal perairan di selatan Pulau Jawa ini memiliki potensi kelautan yang besar. Pasalnya, menyebutkan berbagai jenis ikan ada di laut selatan Pulau Jawa. Ikan-ikan jenis Kakap hingga Tuna pun ada di laut tersebut. Untuk itu Pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto harus dibetulkan, selesai dan beroperasi,” tutup Susi.

Sementara Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan ada beberapa kendala dalam pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto di selatan Yogyakarta. Diantaranya, harus ada pengerukan pasir laut,” terang Sri Sultan HB X. (Wira Handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *