PENGUATAN PERAN PUSKESMAS, UPAYA NYATA PEMKAB WUJUDKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMA BAGI MASYARAKAT

detikcyber.com, Kajen – Mewujudkan pelayanan kesehatan gratis dan prima merupakan salah satu program yang masuk dalam visi misi kinerja Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E.,M.M., selama masa baktinya. Hal ini tercermin dalam upaya keseriusan Pemkab Pekalongan saat ini dalam menguatkan peran puskesmas di masing-masing daerah yang ada di Kabupaten Pekalongan untuk bersiap diri menyongsong pengimplementasian program tersebut di tahun 2022 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, S.E.,M.M., dalam sambutannya saat meresmikan Gedung baru UPTD Puskesmas Bojong II, pada pagi ini, Rabu (29/12/2021).

‘’Yang harus kita lakukan daripada gedung kita ini adalah memberikan pelayanan yang terbaik.
Karena hal ini masuk dalam salah satu program yang sangat berkaitan dengan visi misi saya pada tahun 2022 . Dimana pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan harus maksimal dan gratis dengan hanya menunjukan KTP saja,’’ kata Bupati Pekalonga Fadia Arafiq.

Menurut Fadia, ada dua langkah besar yang akan pihaknya lakukan guna mensukseskan program kesehatan tersebut di Kabupaten Pekalongan. Yang pertama adalah Ia akan membentuk tim khusus untuk melakukan verifikasi data masyarakat Kabupaten Pekalongan yang bisa mendapatkan program pelayanan kesehatan gratis, supaya tidak ada kerancuan antara program kesehatan gratis dari pemkab dan program kesehatan lainnya seperti BPJS dan KIS.

‘’Ini artinya bapak kepala dinas harus membuat tim, karena kadang kita kan tidak tahu apakah masyarakat itu sudah punya BPJS maupun KIS atau tidak. Jangan karena di Kabupaten Pekalongan akan ada pelayanan kesehatan gratis program BPJS dan KIS nya ditinggal. Itu jangan sampai terjadi ya.

Karena kesehatan gratis kita hanya khusus dapat dilakukan di Kabupaten Pekalongan, untuk seluruh pusksesmas dan 3 rumah sakit negeri milik pemkab. Yaitu RSUS Keraton, RSUD Kajen dan RSUD Kesesi untuk pelayanan kelas tiga nya,’’ jelas Fadia.

Selanjutnya, untuk langkah kedua diungkapkan Fadia adalah pihaknya akan mewajibkan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan untuk membuat Pakta Integritas, yang intinya adalah adanya jaminan untuk memberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan.

‘’Apabila teman-teman di puskesmas bisa memberikan layanan terbaik akan kami kasih reward. Begitupun sebaliknya apabila ketahuan memberikan pelayanan buruk dan ada buktinya, maka akan kita berikan sanksi juga. Karena dengan hal ini akan memicu semangat para pelayan kesehatan untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,’’ terangnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Fadia juga berpesan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Bojong II untuk bisa benar-benar mendukung program kesehatan dari pemkab tersebut dengan memperkuat pelayanan yang akan diberikan.

‘’Semoga dengan diresmikannya gedunga ini, pelayanan bisa sehebat dan sekokoh gedungnya. Dan bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat Bojong dan sekitarnya,’’ pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Bojong II Mudiyono, S.KM.,M.Kes., menyampaikan terimakasih kepada Bupati Pekalongan dan Pemkab Pekalongan yang telah memberikan dukungannya atas pembangunan gedung Puskesmas Bojong II, sehingga pembangunan gedung Puskesmas Bojong II biasa berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

‘’Ucapan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kami haturkan kepada Ibu Fadia dan Pemkab Pekalongan atas dukungannya kepada kami selama ini,’’ ujar Kepala Puskesmas Bojong II Mudiyono.

Mudiyono juga berharap, dengan telah berdirinya gedung baru Puskesmas Bojong II ini bisa bermanfaat dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Bojong dan sekitarnya. ( L E L E S )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *