Legalitas PSHT Cabang Karanganyar Sah, Datangi Kesbangpol Minta Segera Terbitkan SKT

detikcyber.com – KARANGANYAR, – Orma Persatuan Setia Hati Terate atau PSHT Cabang Kabupaten Karanganyar, Jateng datangi kantor Kesbangpol guna mendesak Pemkab Karanganyar segera memberikan legalitas menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar atau SKT. Pengajuan SKT sudah sejak 2019 tapi hingga dua tahun ini sama sekali belum direspon.

Ketua Bidang Organisasi Pusat PSHT dibawah kepemimpinan Muhammad Taufik mengatakan sangat disesalkan sikap Kesbangpol Karanganyar yang belum merespon eksistensi keberadaan organisasi tersebut padahal semua prosedur sudah ditempuh secara resmi legal dan sah.

“Kalau mau fair sebenarnya tidak ada alasan satupun bagi Kesbangpol Karanganyar untuk tidak segera menerbitkan SKT sebagai bentuk legalitas didaerah, padahah PSHT ini sudah terdaftar resmi sah di Kementrian Hukum dan HAM KenenkumHam,” tandasnya disela tegasnya dikantor Kesbangpol Karanganyar, (28/9/2021).

Agus menjelaskan keberadaan SKT itu diperlukan sebagai moral legalitas saja serta motif baik Ormas PSHT untuk menjalin sinergi dengan pemerintah daerah kabupaten karanganyar. Bahkan jika bicara saklek hukum maka tanpa SKT pun PSHT Cabang Karanganyar bisa berjalan dan sah resmi karena sudah diakui negara terdaftar kemenhum & HAM pusat.

“Perlunya SKT itu lebih pada moral bahwa PSHT Cabang Karanganyar itu ada dan eksis alamatnya jelas kegiatannya jelas dan bersinergi dengan pemerintah.Lalu mengapa diganjal dipersulit,” terangnya

Untuk itu Agus memberikan deadline pada Kesbangpol Karanganyar jika dalam waktu seminggu tidak segera diterbitkan SKT, pihaknya akan langsung menghadap Bupati Karanganyar Juliyatmono MM guna agar bersikap proporsional adil dan jangan diskriminatif karena PSHT adalah ormas sah resmi terdaftar di Kemenkum & HAM.

“Kita tunggu seminggu jika alasan kendala administratif ini tidak segera ada keputusan kami akan Surati Bupati dengan tembusan pada Mendagri dan Gubernur Jateng,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kesbangpol Karanganyar Bambang Suprapmanto mengatakan sama sekali tidak ada niatan dirinya untuk mempersulitb menghambat penerbitan SKT untuk PSHT Cabang Karanganyar, hanya saja saat itu (2019) dirinya belum menjabat di Kesbangpol.

“Nanti kami chek lagi surat pengajuannya dan akan saya koordinasikan dulu secara administratif dengan lintas sektoral termasuk Kejaksaan, Kodim, Kepolisian serta endingnya kordinasi dengan Bupati,” ujarnya.

Menurut Bambang jika memang nanti hasil chek administrasi benar adanya dan Bupati memberikan jawaban maka segera diterbitkan SKT. “Ini kan start nol lagi kita lacak surat pengajuannya kita chek lagi jika memang clear tidak ada masalah ya kita proses tebitkan SKT,” terangnya.

Wartawan : Dawam M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *