SOSIALISASI KETENTUAN CUKAI DIBUKA WALIKOTA BLITAR SANTOSO

detikcyber.com, BLITAR – Walikota Blitar Santoso membuka kegiatan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai di Aula Kantor Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Selasa (22/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri para ketua RT di wilayah Kecamatan Kepanjenkidul. Sedang pembicara dalam kegiatan, yakni Camat, perwakilan dari Kantor Bea Cukai, Polsek dan Koramil.
Acara sosialisasi tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat.

Para peserta dan tamu undangan wajib memakai masker dan dicek suhu tubuh sebelum masuk ke ruang acara.Dengan tetap menjaga jarak tempat duduk peserta ditata dengan menerapkan jarak.

Dalam acara itu juga disampaikan soal larangan menjual rokok ilegal serta larangan menjual rokok kepada anak di bawah umur.

Selain itu, juga dipaparkan terkait ketentuan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk masyarakat.

Walikota Blitar, Santoso mengatakan acara sosialisasi ini penting untuk menjelaskan implementasi penggunaan DBHCHT di masyarakat.

Menurutnya, tiap kecamatan mendapatkan alokasi DBHCHT untuk kepentingan masyarakat.

Tahun ini, masing-masing kecamatan di Kota Blitar mendapatkan alokasi DBHCHT sekitar Rp 300 juta. “Sosialisasi ini penting untuk menjelaskan implementasi penggunaan dana dari bagi hasil cukai dan tembakau di masyarakat,” kata Santoso usai membuka acara sosialisasi.

Dikatakannya, fokus penggunaan dana dari bagi hasil cukai dan tembakau, yaitu, untuk kesejahteraan sosial, kesehatan, dan hukum.

“Dengan kegiatan ini, harapannya penggunaan dana bagi hasil cukai dan tembakau bisa tepat sasaran. Khususnya untuk kesejahteraan sosial dan kesehatan,” ujarnya.

Santoso juga meminta para ketua RT untuk ikut mensosialisasikan larangan menjual rokok tanpa cukai atau rokok ilegal di masyarakat.
Para ketua RT juga diminta aktif mengimbau masyarakat agar tidak menjual rokok kepada anak di bawah umur.

“Stop peredaran rokok ilegal tanpa cukai. Peredaran rokok ilegal merugikan negara,” menutup wawancara.

Wartawan : Volla DZ

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *