PEMKAB PEKALONGAN RAIH 6 KALI BERTURUT TURUT OPINI WTP

detikcyber.com, Kajen – Pemerintah Kabupaten Pekalongan kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis (20/5/2021), yang dilaksanakan di Auditotium BPK Jateng, Semarang.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Ayub Amali kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan, yang pada kesempatan ini diterima oleh Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi, SH.M.Si., dan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra.Hj Hindun, MH.

Usai acara, Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi, SH.M.Si., mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur telah mendapatkan kembali opini WTP untuk yang keenam kalinya dengan penilaian yang mencapai 87 pesen lebih.

‘’Kabupaten Pekalongan ini nilainya sudah 87 persen lebih. Ini artinya sudah mencapai di atas rata-rata Jawa Tengah,’’ ungkapnya.

Namun, Bupati Asip berharap, pihaknya harus tetap bekerja keras lagi untuk dapat memperbaiki kekurangan dari hasil pemeriksaan BPK atas LKPD Pemerintah Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2020 yang tersisa 13 persen. Dan Ia berharap opini WTP ini dapat dipertahankan oleh Pemkab Pekalongan untuk tahun-tahun berikutnya dengan penilaian yang terus meningkat.

‘’Nanti sisanya yang 13 persen itu akan kita tindaklanjuti yang insya Allah pada tahun 2022 kita bisa 100 persen,’’ ucapnya.

Selanjutnya, dikatakan Bupati Asip bahwa khusus untuk WTP ini, Ia akui merupakan hasil kerja keras seluruh OPD, yang tentunya juga dukungan yang sangat memadai dari lembaga DPRD, sehingga prestasi ini kembali diperoleh Kabupaten Pekalongan untuk keenam kalinya.

‘’Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh OPD, kemudian lembaga DPRD, dan tentu BPK RI Perwakilan Jawa Tengah yang telah terus-menerus melakukan asistensi bimbingan, sehingga tata kelola pengelolaan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Pekalongan sudah dinilai cukup baik,’’ jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra.Hj Hindun, MH., mengatakan bahwa Ia sangat senang atas pencapaian yang diraih Pemkab Pekalongan untuk opini WTP, dan Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan mendorong terus supaya pemerintah daerah senantiasa berupaya secara terus menerus bersama DPRD untuk mendapatkan opini WTP.

‘’Oleh karena itu kita harus bersama-sama agar opini tetap dipertahankan dan dalam hal pengelolaan dapat semakin akuntabel, transparan dan semakin professional demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pekalongan,’’ jelasnya.

Selain itu, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali mengatakan dalam sambutannya, saat memberikan penghargaan opini WTP kepada empat pemerintah daerah yaitu Pemkab Pekalongan, Pemkab Jepara, Pemkab Cilacap dan Pemkab Rembang bahwa pihaknya sangat mengapresiasi penuh atas apa yang telah pemerintah daerah capai. Dan Ia berharap untuk kekurangan pada LKPD masing-masing daerah dapat segera ditindaklanjuti.

‘’Kami ucapkan selamat atas pencapaian opini WTP yang diperoleh untuk kesekian kalinya, karena pencapaian itu merupakan hasil kerja keras dari pemerintah daerah dan dukungan dari DPRD, dan kami dari BPK yang melakukan pemeriksaan saja,’’ ucap Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Wartawan : LELES – 86

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *