Hari Pertama Larangan Mudik, Suprawoto : Patuhi Larangan Mudik atau Putar Balik

detikcyber.com, Magetan – Lokasi pos penyekatan yang terletak di Cemoro Kandang, Kabupaten Magetan merupakan jalur perbatasan antar lintas Provinsi, yakni Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Penyekatan ketat dilakukan, dikarenakan mobilitas kendaraan yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Magetan dalam rangka larangan Mudik 6-17 Mei 2021 sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcyber.com saat berada di lokasi penyekatan antar lintas Provinsi, Bupati Magetan Suprawoto bersama unsur Forkompinda Kabupaten Magetan melakukan peninjauan langsung di lokasi penyekatan larangan mudik 2021 di wilayah Cemoro Sewu, Kamis (06/05/2021).

“Iya betul, Mas. Hari saya bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Magetan meninjau langsung pos penyekatan yang berada di Cemoro Sewu, dikarenakan pelarangan mudik sudah dimulai hari ini dan akan berakhir pada 17 Mei 2021. Yang dimana merupakan titik yang sudah diplanning dari Mabes Polri, dimana di setiap Kabupaten harus ada penyekatan. Penyekatan ini merupakan tindak lanjut instruksi dari Pemerintah Pusat terkait pelarangan mudik Lebaran 2021, dengan tujuan agar penyebaran virus Covid-19 tidak menyebar apalagi sudah ada varian baru. Dan tadi banyak kendaraan yang terpaksa harus putar balik, baik dari arah Magetan maupun sebaliknya,” terang Suprawoto saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (06/05/2021).

Bupati Magetan, Suprawoto menyampaikan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Pusat yang melarang Mudik Lebaran 2021 kali ini merupakan keputusan yang diambil dengan pertimbangan pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang. Hal ini adalah bentuk upaya untuk melindungi masyarakat dari bahaya yang nyata.

“Adapun toleransi bagi pengendara yang melewati pos penyekatan adalah angkutan yang membawa logistik, dan yang benar-benar berkepentingan mendesak atau urgent,” pungkas Suprawoto

Selain meninjau langsung pos penyekatan yang berada di Cemoro Sewu, Bupati Suprawoto juga akan meninjau langsung pos pengamanan Operasi Ketupat Candi Semeru 2021 yang berada di Plaosan.

Wartawan : Budy Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *