Menata Aset Desa Kades Hasil PAW Desa Girimulyo, Sebagai Prioritas Awal Kerjanya

detikcyber. com, KARANGANYAR – Setelah dilantik, tugas kades baru hasil Pergantian Antar Waktu PAW Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, Ponco Adi Prasetyo (32) relatif berat karena sejarah dua kades sebelumnya divonis karena kasus Tipikor, Apalagi sampai sekarang disinyalir masih terdapat asset Desa Girimulyo yang belum tertata .

Waktu sambutan pelantikan PAW Kades Girimulyo, Senin (26/4/2021) Bupati Karanganyar Juliyatmono menghimbau Kades baru harus bekerja ekstra hati-hati terutama terhadap kebijakan terkait keuangan desa. Bupati memimta pengalaman masa lalu bisa dijadikan cermin untuk kehati-hatian dimasa depannya. Bisa menjadi sepion dalam perjalanan tugas selama menjadi kades PAW.

“Masa lalu itu sejarah dan itu ibarat spion mobil tetap diingat tapi roda pemerintahan desa harus maju terus tidak boleh terlalu menoleh kebelakang dan terus membenahi kekurangan yang belum sesuai harapan pemerintah dan masyarakat,” kata Bupati Juliyatmono pada sambutannya.

Sementara menanggapi sambutan Bupati tersebut, Camat Ngargoyoso Dwi Cahyono menegaskan agar Kades baru Desa Girimulyo agar tetap maju dan jangan alergi terhadap kritik terutama kritik membangun. “Karena ini kades baru, maka dalam pemerintahannya harus membuka ruang konsolidasi dan kekompakan bersama perangkat desa lainnya.

“Intinya kades baru jangan anti kritik tapi tetap berani. Menurut Camat tidak dipungkiri adanya sejarah kelam yang menimpa dua kades sebelumnya kesandung kasus korupsi dan sudah divonis pengadilan.dan saat ini dalam proses menjalani vonis hukuman.

Terpisah Kades PAW baru Desa Girimulyo, Ponco Adi Prasetyo (32) menyadari beban psikologis desa Girimulyo terutama masih banyak asset desa yang bermasalah masih belum terta dan harus diselesaikan serta mengembalikan pada desa untuk digunakan sebagai PAD Desa. Tapi dengan cara sesuai aturan pemerintah yaitu lembaga sidang tertinggi di desa adalah musdes (musyawarah desa) “Kami paham beban itu tapi niat kami adalah membangun memajukan Desa Girimulyo sehingga prioritas pertama kerja adalah menyelesaikan asset desa yang belum tertata dikembalikan lagi ke kas desa serta menyekesaikan yang masih tercecer, baru menyelesaikan lainnya,” tuturnya.

Selain itu dirinya segera melakukan konsolidasi internal guna menyesuaikan visi misi dirinya selaku kades baru. Dirinya meyakini sepanjang niatnya baik tulus, semua permasalahan bisa diselesaikan,dengan harapan kita.

Wartawan : Dawam mashuri

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *