Waspada …. Gula Pasir Oplosan Siap Edar  Sebanyak 35 Ton Diungkap Polisi

detikcyber.com, Banyumas – Sebanyak 35 ton gula rafinasi siap edar yang telah dioplos di Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Cilongok, Banyumas diungkap oleh Mabes Polri bersama Polres Banyumas.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol. Firman Lukmanul Hakim mengungkapkan, kasusnya pertama kali diungkap oleh jajaran Mabes Polri.

Dalam pengungkapan gula pasir oplosan itu Kami mengamankan sebanyak 35 ton gula rafinasi. Sedang yang diamankan dua orang berinisial G (40) warga Kecamatan Ajibarang dan W (40) warga Cilongok. Kasusnya masih didalami, gula rafinasi dapat dari mana dan kenapa diolah di sini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021) malam.

Praktik pengoplosan dari gula rafinasi menjadi gula konsumsi ini hanya menggunakan molase yang dicampurkan sehingga tampak seperti gula pasir pada umumnya.

Setelah itu gula rafinasi tersebut dimasukkan dalam karung dengan merek gula tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk mengelabui masyarakat, sehingga tampak seperti gula pasir yang dijual pada umumnya.

Hasil pemeriksaan tersangka mengaku, memproduksi dan mengoplos gula rafinasi sejak 7 bulan terakhir. Setiap pekan peredaran gula rafinasi lebih dari 100 ton, Untuk pasarannya di wilayah Jawa Barat.

” Kami masih dalami terus dan melakukan penyelidikan jangan sampai ini dikonsumsi masyarakat yang dampaknya pada kesehatan ,” terang Kapolresta Banyumas Kombes Pol Firman Lukmanul Hakim.

Wartawan : Antok S

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *