Waspada … Jelang Lebaran Upal Beredar di Karanganyar Merajalela Tiga Pengedar Tertangkap

detikcyber.com, KARANGANYAR – Jelang lebaran orang sangat butuh uang apa lagi dimasa pandemi seperti ini akhirnya tindak kejahatan meraja lela, terbukti peredaran uang palsu di Kabupaten Karanganyar semakin mengganas.

Belum lama ini, kejahatan dan kenekatan orang untuk segera mendapat uang secara cepat dan mudah akhirnya menjadi pilihan. Selama tiga hari berturut-turut, Polres Karanganyar berhasil membekuk pelaku pengedar uang palsu.

Selain mengamankan tiga orang pelaku, berinisial S (40) warga Kalibata, Jakarta, SBH (43) warga Malangjiwan, Colomadu, VC (32) Cemani, Sukoharjo, polisi pun menyita 30 lembar pecahan seratus ribuan dan 29 pecahan lima puluh ribuan.

Kapolres Karanganyar AKBP Muhammad Syafi Maulla mengatakan modus operasi yang dipakai para pengedar uang palsu ini yaitu menyasar toko kelontong.

Seperti yang terjadi di Colomadu, Karanganyar. Dimana polisi mendapat laporan dari salah satu pemilik toko kelontong di Colomadu, bernama Sudiyono.

Untungnya, ungkap Kapolres, pemilik toko kelontong curiga saat menerima uang dari terduga tersangka berinisial S.

“Pemilik toko curiga dengan uang yang dipakai pelaku untuk membayar. Saat menerima uang dari S, pemilik toko kelontong ini pun menceritakannya pada temannya. Saat di periksa, uang yang didapat iti ternyata palsu,”ungkap Kapolres, Kamis (22/4/2021).

Setelah yakin uang yang mereka terima palsu, mereka pun mengikuti terduga tersangka. Sebelum akhirnya mereka melaporkannya pada polisi.

Polisi pun langsung mengembangkan kasus upal yang dilaporkannya itu. Setelah melakukan penyidikan, polisi pun langsung mendatangi terduga pelaku di kontrakannya pada Senin (5/4/2021) pukul 22.00 WIB.

“Dari sinilah kami berhasil menangkap dua orang lain yang diduga mengedarkan uang palsu,”terangnya.

Menurut Kapolres, kedua terduga tersangka lainnya berhasil ditangkap di dua tempat berbeda.

SBH ditangkap pada Selasa (6/4/2021) pukul 17.00 WIB di salah satu kafe wilayah Colomadu.

Dan VC ditangkap pada Sabtu (10/4/2021) pukul 23.00 WIB di rumahnya. Dari ketiganya polisi mengamankan sejumlah barang bukti.

“Kami juga menyita satu unit mobil Toyota Yaris pelat nomor AD 9332 NS, buku tabungan, handphone,”jelas Kapolres.

Kapolres meminta masyarakat untuk lebih teliti saat menerima uang. Pasalnya dari upal yang diedarkan tiga tersangka pengedar di Colomadu, Karanganyar, itu nyaris sempurna.

Termasuk tujuh seri uang palsu yang diedarkan tiga tersangka ini pun nyaris sama dengan uang asli.

“Kami juga menyita dua paket uang palsu yang siap diedarkan. Satu paket berisi 20 lembar kertas 100.000 akan dikirim ke Tangerang. Satu paket lagi berisi 10 lembar kertas 100.000 akan dikirim ke Kabupaten Sidoarjo,”terangnya.

Sementara itu salah satu terduga tersangka berinisial S mengatakan, awalnya dirinya mengedarkan uang palsu ini hanya untuk coba-coba setelah mendengar bila hasil yang didapat dari mengedarkan upal sangat menggiurkan. Dari situlah dirinya membeli upal dari online.

Dia bilang pada awak media “Baru sekali ini saya menjual upal, tapi keburu ketangkap. Coba-coba saja, tertarik katannya untungnya besar,”pungkasnya.

Wartawan : Dawam mashuri

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *