Jual Kosmetik Tanpa Ijin Edar Diamankan Polisi

detikcyber.com, Banjarnegara – Wanita berinisial NdL (23) merupakan warga Desa Kalipelus, Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara berurusan dengan polisi. Seorang ibu muda itu diduga menjual kosmetik kecantikan skincare tanpa izin edar.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Iptu Donna Briadi, SIK. Dia mengatakan, kasus kosmetik tanpa ijin itu berawal saat petugas mendapatkan informasi dari masyarakat adanya penjualan usaha perdagangan berbagai produk kosmetik tanpa izin edar.

Selanjutnya polisi melakukan penyelidikan dengan cara mendatangi langsung rumah pelaku, namun tidak ketemu pelaku sedang pergi,” terang Iptu Donna Briadi, Selasa (20/4/2021) malam.

Donna menambahkan, saat itu bertemu orang tua pelaku, kemudian polisi menanyakan doal produk kosmetik yang dijual pelaku. kemudian ditemukan berbagai jenis skincare berupa, cream, cleanser, dan serum glowing serta masker wajah.

Berdasarkan pengakuan pelaku produk kosmetik tersebut dibeli secara online dan dikirim dari Jawa Barat.

Kemudian polisi melakukan pengecekan laboratorium ke BPOM untuk mengetahui isi dari kandungan barang-barang tersebut dan dari hasil uji laboratorium beberapa kosmetik dinyatakan mengandung bahan berbahaya merkuri dan hidroquinon yang berakibat membuat masalah kesehatan,” tandasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku pelaku diancam 15 tahun penjara denda 1,5 miliar dijerat pasal 197 Jo Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dan atau Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” bebernya.

Menurut Kasatreskrim Iptu Donna Briadi, dalam kasus ini polisi tidak melakukan penahanan terhadap pelaku dengan pertimbangan karena suami tersangka menderita sakit kronis dan masih mempunyai anak kecil baru umur 3 tahun, ” pungkasnya.

Wartawan : Suyanto

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *