Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Kecamatan Doko Dipusatkan di Desa Plumbangan

detikcyber.com,Blitar – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang dengan berbasis mikro (PPKM Mikro), Hal ini berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19.

PPKM Mikro dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT, mulai dari zona hijau sampai dengan zona merah, dengan strategi pengendalian masing-masing sesuai dengan zonanya.

Dalam rangka Monitoring Pembinaan Satgas penanganan Covid-19, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) melakukan kunjungan ke desa Plumbangan, Kecamatan Doko Kabupaten Blitar,Senin (05/04/2021). Kedatangan rombongan ke Kantor Desa Plumbangan kali ini, untuk meninjau secara langsung Posko PPKM Mikro Kecamatan Doko yang dipusatkan di Desa Plumbangan. Sejumlah Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Hadir turut mendampingi kunjungan Bupati.

Kades Plumbangan Supingi saat sambutan

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Hj.Rini Sjarifah mengatakan agar seluruh elemen masyarakat aktif untuk menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kasus konfrim baru dan muncul kluster baru di Plumbangan.” kita harapkan tidak terjadi kluster baru di Plumbangan. Seluruh elemen masyarakat hendaknya bekerjasama untuk menekan kasus positif.” Sambutnya.

Kapores Blitar AKBP Leonard Sinambela dalam sambutannya mengingatkan, kita masih punya persoalan terkait trend covid 19. “ Di Kabupaten Blitar di PPKM satu,PPKM dua, PPKM mikro itu mengalami trend penurunan sampai dengan PPKM mikro yang ketiga tetapi lambat laun sekarang trend nya naik. Jadi masuk ketahap keempat ini sedikit sedikit naik dia. Berarti kita masih punya persoalan,” Jelas Leonard.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik . Kepada jurnalis detikcyber.com Cholik menyampaikan apresiasinya untuk Desa Plumbangan

, ” Desa Plumbangan selama ini aktif dan sigap dalam memerangi Covid 19, kami apresiasi karena telah mempersiapkan fasilitas dan pelayanan Kesehatan masyarakat di masa Pandemi ini”.

Kepala Desa Plumbangan, Supingi dalam sambutanya mengatakan, “Pemdes Plumbangan sudah mengikuti petunjuk mengenai penanganan Covid-19 dengan membentuk Satgas dan Tim relawan untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Desa.”pada situasi pandemi saat ini untuk penanganan Covid-19 kita sudah bentuk Tim relawan dan tim PPKM Mikro.

,“Alhamdulilah untuk Desa Plumbangan minim warga yang terpapar Covid, Pemerintah Desa Plumbangan telah memiliki mobil yang khusus di gunakan untuk kegiatan penanganan Covid, serta fasilitas lainnya seperti rumah isolasi dan tim kelompok kerja (pokja) Plumbangan sehat yang di gerakan oleh TP-PKK Desa Plumbangan.

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati kali ini , dan semoga selalu di berikan kesehatan serta umur yang panjang, agar kita bisa bertemu lagi , bersinergi membangun masyarakat Desa Plumbangan khususnya dan Blitar pada umumnya ”.

Usai memberi sambutan, Bupati Blitar beserta rombongan memberikan bantuan disinfiktan, disusul Kapolres Blitar, serta jajaran lainnya. lalu kemudian meninjau ruang isolasi yang berada di selatan balai Desa.

Wartawan : Volla DZ

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *