Breaking News : Hujan Deras Akibatkan Balai Desa Wonokeleng dan Belasan Rumah Di Jatiyoso Tertimbun Tanah Longsor

detikcyber.com, Karanganyar– Hujan deras yang terjadi Kamis sore hingga malam (01/04/2021) menyebabkan terjadinya tanah longsor di tiga desa di Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar dan menimbun belasan rumah. Bahkan kantor Balaidesa Wonokeling nyaris terkubur rata dengan tanah.

Akibatnya di Jatiyoso terjadi tanah longsor di tiga desa yakni Desa Wonokeling, Desa Beruk dan Desa Wukirsawit. Tanah longsor itu menimpa belasan bangunan rumah dan kantor Balaidesa Wonokeling serta jalan desa.

Camat Jatiyoso Kusbiyantoro membenarkan kejadian tersebut dan sudah melakukan kordinasi dengan warga serta BPBD untuk melakukan evakuasi.

“Ya benar longsor yang terjadi kali ini cukup dahsyat hingga banyak rumah tertimpa tanah serta jalan aspal retak,” ujarnya kepada detikcyber com Jumat (02/04/2021). Pihaknya tengah melakukan pendataan secara pasti jumlah rumah yang tertimpa longsor dengan kriteria rusak berat, sedang dan ringan.

Menurut Kusbiyantoro longsor yang terjadi awal April ini berbeda dengan yang terjadi Maret lalu karena banyak menimpa rumah bahkan kantor Balai Desa Wonokeling terendam tanah rusak parah. Namun untungnya tidak ada korban jiwa pada musibah tersebut.

“Korban jiwa pada kejadian ini namun kerugian cukup besar sekitar ratusan juta rupiah,” ungkapnya. Secara pasti lanjut Kusbiyantoro jumlah kerugian sedang dilakukan pendataan mengingat longsor terjadi ditiga desa secara terpisah.

Adapun akses jalan yang tertimpa longsor dan retak rusak yakni jalan DPU barakan-Wukirsawit, taludnya ambrol. Selain itu jalan desa ditiga desa itu juga rusak tertimpa tanah longsor.


Wartawan : Dawam M

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *