Antisipasi Mudik Lebaran 2021, Pengelola Terminal Madiun Usulkan Adanya Pemeriksaan GeNose C19

detikcyber.com, Madiun – Mengingat Terminal Tipe A Purboyo, Madiun yang terletak di Jalan Basuki Rahmat Kota Madiun merupakan salah satu terminal transit dari berbagai daerah di Pulau Jawa, khususnya di wilayah Madiun Raya.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Purboyo Madiun, Suyatno mengemukakan usulan agar diadakan pemeriksaan GeNose C19 bagi penumpang saat mengikuti rapat virtual bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) pada Senin (22/03/2021).

“Seiring dengan wacana dan usulan tersebut, dirinya mengaku selama ini pemeriksaan GeNose C19 sudah diberlakukan di sejumlah stasiun, kenapa di terminal belum diberlakukan test GeNose C19”, papar Suyatno saat berbincang dengan detikcyber.com di ruangannya, Rabu (24/03/2021).

Usulan sudah disampaikan dan diutarakan, namun pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari BPTD terlebih dahulu, kapan direalisasikan pengadaan test GeNose C19 di terminal.

“Mengingat perlunya menerapkan test GeNose C19 di terminal bagi calon penumpang untuk keselamatan perjalanan. Apalagi sejauh ini, tanpa menyertakan surat bebas Covid-19, calon penumpang bisa menggunakan moda transportasi darat bus,” ungkap Suyatno.

Upaya untuk pencegahan penularan virus Covid-19 terus dilakukan oleh pengelola terminal, dimulai dari pintu masuk terminal, ruang tunggu penumpang, hingga penumpang naik ke atas bus. Begitupula bagi penumpang yang tiba di terminal.

“Kalaupun untuk keselamatan bagi penumpang, mengapa tidak GeNose C19 juga diterapkan di terminal,” pungkasnya.

Wartawan : Budy Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *