Pencanangan Vaksinisasi Covid-19 Bagi Lansia Di Sukoharjo: Desa Keteguhan dan Kelurahan Jetis

detikcyber.com, Sukoharjo – Pencanangan Vaksinisasi Covid-19 untuk lansia dilakukan oleh Bupati Etik Suryani di Desa Kateguhan, Tawangsari dan Kelurahan Jetis, Sukoharjo, Jumat (05/03/2021).

Dan untuk pemilihan dua lokasi di Kabupaten Sukoharjao, dikarenakan lantaran pesebaran virus Covid 19 masih cukup tinggi.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan bahwa pencanangan vaksinasi untuk kelompok lansia akan menyasar di semua desa atau kelurahan. Dan akan yang dilakukan secara bertahap.

“Ya, benar Pemkab Sukoharjo akan memperhatikan secara khusus, dan Pemkab Sukoharjo juga sudah berupaya untuk bisa menekan angka kasus positif corona secara signifikan,” ungkao Etik Suryani kepada detikcyber.com.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, membuat aktifitas masyarakat menjadi terganggu serta berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya program vaksinasi Covid-19 dapat menekan angka kasus positif corona. Dan untuk masyarakat yang melakukan aktifitas di luar rumah agar tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M,” pungkas Etik Suryani.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sukoharjo Kota, dokter Kunari Mahanani mengatakan pada intinya pemberian vaksinasi bagi lansia haruslah dilakukan dengan sangat hati-hati.

“Dan untuk melakukan screning bagi lansia harus dilakukan lebih mendalam, serta dilakukan secara cermat. Bahkan banyak lansia yang tidak lolos screening, sehingga harus menunda pemberian vaksinasinya,” ungkap dokter Kunari.

Disisi lain, untuk Kelurahan Jetis, jumlah lansia yang terdata untuk mendapatkan vaksin sebanyak 778 orang. “Jumlah tersebut berdasarkan dengan pendataan yang dilakukan di 7 Posyandu lansia yang ada,” tandas dokter Kunari.

Saya hanya berpesan agar masyarakat tidak perlu panik, ragu maupun khawatir terkait pemberian vaksin Sinovac. “Dikarenakan Vaksin Sinovac sudah dinyatakan aman dan bermanfaat oleh BPOM serta Halal yang dinyatakan oleh MUI,” pungkas dokter Kunari.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *