Usai Dilantik Kegiatan Mider Prajan Pertama Gibran-Teguh Tinjau  Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di SMPN 4

detikcyber.com, Solo – Walikota dan Wakil Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa mengikuti kegiatan Mider Prajan pertama kalinya seusai dilantik sebagai pemimpin di Kota Solo, Jumat (05/03/2021) pagi.

Kegiatan Mider Prajan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap hari Jumat oleh Pemerintah Kota Surakarta bersama jajaran Forkopimda dengan cara blusukan menggunakan sepeda.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk sarana mendekatkan diri kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk kampanye untuk hidup sehat melalui olahraga bersepeda.

Rute Mider Prajan kali ini melintasi Jalan Arifin – Simpang Empat Widuran – Jalan Sutan Syahrir – Jalan DI Panjaitan. Dan untuk lokasi pertama rombongan Walikota meninjau persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMPN 4 Surakarta. SMPN 4 diketahui menjadi salah satu sekolah yang akan mengikuti simulasi PTM dari 22 sekolah yang lainnya.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan saat meninjau persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selalu menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, ketersediaan tempat untuk mencuci tangan, fasilitas meja kursi, hingga pengecekan perangkat untuk kegiatan komunikasi kepada siswa melalui zoom metting.

“Target kita siswa dan guru 100% sudah melakukan vaksinasi Covid-19, dan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dilaksanakan pada bulan Juli,” terang Gibran saat ditemui detikcyber.com disela peninjauan persiapan PTM di SMPN 4, Jumat (05/03/2021).

Gibran juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat anak-anak dapat segera masuk sekolah secara bertahap. Pada moment yang sama siswa-siswi pun bertegur sapa dan berbicara dengan Walikota Solo, beberapa dari siswa-siswi pun berceloteh untuk meminta bantuan yang berupa sepeda dan HP.

Zoom metting yang dilakukan oleh Walikota Solo bersama siswa-siswi dan wali murid dari SMPN 4 yang berada di rumahnya masing-masing berlangsung dengan hangat dan atraktif.

Pesan saya agar siswa-siswi dapat bersabar dan menunggu kesiapan dari sekolah maupun pihak terkait untuk melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka.

“Kita berharap simulasi pembelajaran tatap muka ini berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, Jika simulasi pembelajaran tatap muka ini berjalan lancar, maka kita dapat segera bersekolah tatap muka. Saya yakin siswa-siswi juga sudah bosen dengan pembelajaran secara daring,” pungkas Gibran.

Dirinya juga mewanti-wanti kepada anak-anak agar untuk sementara waktu tetap belajar di rumah. Serta tidak pergi ke mall, supermarket, maupun tempat bermain lainnya saat jam pelajaran online di masa pandemi Covid-19 ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati menyatakan bahwa Kota Solo akan memulai simulasi PTM yang dilakukan secara bertahap hingga pada bulan Juli mendatang, dan untuk sementara waktu ini siswa-siswi masih mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan cara online atau daring.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *