Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021: Berjalan Lancar dan Sukses

detikcyber.com, Solo – Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Surakarta melalui kanal YouTube Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata Kota Surakarta berjalan dengan lancar dan sukses pada Selasa dan Rabu 23 dan 24 Februari 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso mengucapkan, ” Selamat kepada para pemenang lomba di Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021, semoga diselenggarakan Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 ini dapat menambah pengetahuan serta kecintaannya pada ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Salah satunya bukti kecintaan kebudayaan yang ada di Indonesia dari masyarakat terutama melalui wayang. Terutama di lingkungan masyarakat khususnya untuk generasi muda agar dapat termotivasi bukan hanya sekedar menjadi penonton, melainkan dapat melestarikan kebudayaan dan menguri-uri kebudayaan Jawa,” terang Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Agus Santoso kepada detikcyber.com saat berbincang-bincang di ruangannya, Kamis (25/02/2021).

Adapun Dewan Juri yang bertugas di Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 meliputi Catur Nugroho, M.Sn., dari dosen Pedalangan Insitut Seni Indonesia (ISI) Kota Surakarta, Tri Widodo, M.Sn., dari dosen Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Kota Surakarta, serta M. Prasetyo Pamungkas Bayu Aji, dari dalang profesional Kota Surakarta.

Dalam acara Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 menampilkan kelihaian dari finalis dalam dua kategori saat memainkan wayang. Dan untuk para pemenang Dalang Mumpuni, Dalang Sabet, Dalang Catur, Dalang Nggendhingi, dan Dalang Sanggit akan mendapatkan piagam, trofi dan uang pembinaan.

Dan hari ini, Kamis (24/02/2021) dewan juri telah menetapkan dan mengumumkan pemenang Dalang Mumpuni, Dalang Sabet, Dalang Catur, Dalang Nggendhingi, dan Dalang Sanggit yang terbagi ke dalam dua Kategori, yaitu Kategori A untuk siswa SD, dan Kategori B untuk siswa SMP.

Dalam acara Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 juga disemarakkan dengan penampilan beberapa pertunjukan wayang. Para penonton akan disuguhkan dengan pentas Wayang Suket, Wayang Gemblung, dan filosofi Wayang Semar Raksasa pada Selasa (23/02/2021). Dan untuk tanggal 24 Februari 2021, penonton dapat melihat pembuatan dan pementasan Wayang Kancil dan Wayang Golek.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *