Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa Batal dilakukan secara Virtual Cek Faktanya

detikcyber.com, Solo – Rencana semula pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa yang semula digelar di Balai Tawangarum, Kompleks Balaikota Surakarta pada Jumat (26/02/2021) tersebut batal. Dan untuk acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih akan dipindahkan ke Gedung DPRD Kota Solo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikcyber.com, semula acara serah terima jabatan yang sedianya yang dijadwalkan pada Senin (01/03/2021) tersebut diajukan 3 hari menjadi pada Jumat (26/02/2021) yang bertempat di Gedung DPRD Kota Solo.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Solo, Wahyu Kristina, mengatakan bahwa pada hari Jumat (26/02/2021) akan dilakukan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih yang dipimpin langsung oleh Gebernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan sekaligus pidato pertama kali sebagai Walikota Surakarta.

“”Pihaknya menyebutkan ada empat agenda yang digabungkan dan dikemas dalam satu acara. Diantaranya pelantikan secara virtual bersama daei sejumlah kepala daerah yang berada di Jawa Tengah, dilanjutkan dengan agenda kedua serah terima jabatan, kemudian mengadakan rapat paripurna di DPRD Kota Solo. Serta mendengarkan pidato pertama kali Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka,” papar Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Solo, Wahyu Kristina kepada detikcyber.com saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (24/02/2021).

Sementara itu, saat dikonfirmasi detikcyber.com di ruangannya, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo, Ahyani, menyampaikan pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan sebelum menjelang pelaksanaan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih pada Jumat (26/02/2021). Protokoler juga akan melaksanakan gladi bersih sebelum menjelang pelantikan.

“Sesuai dengan petunjuk pak Gubernur Jawa Tengah, kita diminta untuk melakukan gladi bersih. Dan untuk baju yang Mas Gibran kenakan saat pelantikan juga sudah dipersiapkan, kemudian untuk peralatannya juga sudah siap,” ungkap Plh Walikota Solo Ahyani kepada detikcyber.com.

Dan untuk tamu undangan hanya dibatasi 25 orang saja yang menghadiri acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih. 25 orang yang masuk ke dalam Tamu Undangan diantaranya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, KPU Kota Surakarta, Bawaslu Kota Surakarta. Kemudian mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

“Pihaknya menambahkan, 25 orang tamu undangan tersebut sudah termasuk Walikota dan Wakil Walikota Surakarta beserta istri. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jadi memang sangat terbatas untuk tamu undangan yang menghadiri acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih, dikarenakan mengingat saat acara pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta terpilih masih dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini,” pungkas Plh. Walikota Solo Ahyani.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *