Peringatan Hari Perjanjian Giyanti Ke 266  Bupati Karanganyar Bersama Ratu Mangkubumi Akan Membangun Musium Giyanti

detikcyber.com, Karanganyar – Perjanjian Giyanti yang ke 266 diperingati tepatnya di Dusun Kerten Desa Janti kabupaten Karanganyar Sabtu 13/2/2021.

Hadir pada saat peringatan Giyanti yang ke 266 ini Bupati Karanganyar Juliyatmono beserta jajarannya dan juga dihadiri Ibu Ratu Mangkubumi bersama punggowo Kraton Ngayojokarto.

Dalam upacara peringatan ini dilakukan dengan kirab kraton Ngayojokarto dengan kitmad ada beberapa budaya Keraton yang masih kental dilakukan seperti Mocopat Doa Jawa kraton yang supaya di peringatan Giyanti ini dan seterusnya selalu mendapatkan kesehatan dan keselamatan semua warga masyarakat Karanganyar dan Ngayojokarto.

Dikesempatan ini Bupati Karanganyar mengatakan tempat ini adalah sejarah yang sangat penting kita kuak apa sebenarnya didalam perjanjian Giyanti ini, ini sejarah yang harus kita ketahui. Kita tidak boleh melupakan sejarah karena kita hidup ini harus belajar dari sejarah”

Lebih lanjut bupati menyampaikan, disini akan kita bangun musium Giyanti, kita akan mencari bersama sama apa isi perjanjian Giyanti itu bersama Ibu Ratu Mangkubumi dari kraton Ngayojokarto.” ungkapnya.

Ratu Bumi mengatakan akan mengadakan kolaburasi bersinergi dengan kabupaten Karanganyar untuk nguri uri mengingat sejarah untuk mengidukasi kembali karena sejarah bukan kuno tapi sejarah dibahu kita untuk diingat kembali sebagai wawasan dan peringatan pada kita semua agar bisa kita meneruskan perjuangan nenek moyang kita di masa lalu,” tuturnya.

Lanjut Ratu bumi diperjanjian Giayanti yang kita tahu hanya pembagian wilayah DIY dan Jawa tengah.” Karena eyang Mangkubumi tidak mau menuruti Belanda akhirnya hanya di beri sesigar semongko atau sak mekare payung . Isi perjanjian yang lain seperti apa kami belum tahu”.tambahnya.

Sementara Lurah Janti dalam pidatonya juga mengatakan tempat ini akan ditata menjadi wisata destinasi karena dipadukan juga dengan di Dungdo . Menurutnya nanti akan dibiayai dengan UMKM. Kabupaten Karanganyar,” Katanya.

Wartawan : Dawam mashuri

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *