Jelang Purna Tugas Walikota Solo: Komunitas Seniman Kota Solo Buat Karya Mural Untuk Rudy

detikcyber.com, Solo – Komunitas seniman Kota Surakarta membuat karya mural menjelang masa purna tugas Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, yang akan berakhir pada 17 Februari 2021.

Berdasarkan pantauan dari detikcyber.com di lokasi, seorang Muramis Kota Surakarta, Irul Hidayat mengungkapkan karya mural yang dibuat untuk bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Rudy selama 15 tahun memimpin Kota Solo. Karya mural yang digoreskan di sepanjang tembok sebuah gudang, tepatnya berada di Jalan Ir. Juanda Nomor 240, Kelurahan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Yang menampilkan sosok seorang pemimpin yang mengayomi dan merakyat yang selama ini yang ada dalam diri Rudy.

“Dalam beberapa hasil karya visual yang di buat oleh komunitas seniman mural di Kota Solo, yang dikemas dalam bentuk parodial seperti sosok figur Pak Rudy yang berpose mengenakan kaos berwarna hitam, kepala pelontos yang tengah mencukur Gibran Rakabuming . Di dalam gambar visual ini menggambarkan tentang estafet kepemimpinan dirinya kepada calon Walikota Terpilih Tahun 2020, sebagai bentuk pengayoman pemimpin kepada masyarakat, serta memberikan bimbingan kepada anak muda untuk berani berkorban ketika kelak menjadi seorang pemimpin.

Kemudian mural naratif yang lain, sosok Pak Rudy yang sedang mengendarai sepeda motor Honda Grand. Visual ini yang menggambarkan seorang pemimpin yang bersahaja, sederhana dan merakyat,” ungkap Irul Hidayat kepada detikcyber.com, Jumat (12/02/2021).

Selanjutnya karya mural naratif lainnya, sosok Pak Rudy yang mengenakan pakaian dinas warna putih bersih yang tengah menyapu. Visual ini yang menggambarkan tentang jiwa kepemimpinan Pak Rudy selama menjadi Walikota Solo dengan selalu penuh kerja keras demi untuk memajukan Kota Solo. Yang dapat diartikan sebagai simbol kebersihan kota dan simbol kecintaan terhadap pemerintah yang bersih, yang selama ini beliau pimpin dan bangun di Solo.

“Karya ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas pengabdian dan kerja keras Pak Rudy selama memimpin Kota Solo. Sekaligus menjadi sebuah tanda sejarah bahwa di Kota Solo pernah memiliki figur walikota yang sederhana, unik, serta merakyat bagi warga nya seperti Pak Rudy. ” Selamat purna tugas Pak Rudy, Pengabdian dan jasa-jasa mu bagi kemajuan kota Solo akan selalu kami kenang,” pungkas Irul Hidayat

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *