Arisan Berkedok Online Jadi Tren Penipuan dan Penggelapan di Wilayah Hukum Polresta Solo

detikcyber.com, Solo – Soal kasus penipuan berkedok arisan online, Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Purbo Adjar Waskito mengatakan kasus penipuan dan penggelapan masih menjadi tren kejahatan di wilayah hukum Polresta Surakarta.

“Selalu menjadi tren kejahatan, ketika seseorang memanfaatkan kelengahan dan kelemahan orang lain. Biasanya pelaku memanfaatkan ketidaktahuan korban yang di incarnya, sehingga korban bisa tertipu, apalagi aset yang dimiliki oleh korban dengan mudah dipindahkan tangankan tanpa melalui proses hukum secara resmi,” terang Kompol Purbo kepada detikcyber.com saat ditemui di Mapolresta Surakarta, Rabu (10/02/2021).

Ada beberapa kasus penipuan dan penggelapan yang terjadi di wilayah hukum Polresta Surakarta pada tahun lalu, diantaranya kasus penipuan berkedok arisan online yang kembali mencuat di masyarakat.

“Sebanyak 43 orang yang menjadi korban arisan fiktif melalui grup WhatsApp (WA), korban saat itu yang terbuai dengan iklan di Instagram oleh salah satu influencer yang menanyakan iklan arisan tersebut. Kerugian yang dialami oleh 43 orang korban arisan fiktif mencapai Rp. 6 miliar,” papar Kompol Purbo Adjar Waskito.

Satreskrim Polresta Surakarta juga telah berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan uang sebanyak Rp. 15 miliar yang berkaitan dengan penjualan bahan bakar non subsidi. Petugas berhasil mengamankan seorang wanita yang berinisial IW (49) warga asal Surabaya. Serta tersangka Sriyono (29) warga Selo, Boyolali terkait dengan kasus penipuan dan penggelapan, dengan barang bukti sebuah mobil rental Honda Brio Satya dengan nomor polisi L-1956-AO.

“Modus operandi yang tersangka gunakan, dengan merangkai kata bohong sehingga calon korban tergiur dan secara mudahnya menyerahkan semua aset yang dimilikinya kepada tersangka tanpa melalui proses hukum. Kemudian untuk latar belakang pelaku ada yang melakukan penipuan dan penggelapan secara kelompok maupun tunggal,” pungkas Kasatreskrim Polresta Surakarta Kompol Purbo Adjar Waskito kepada detikcyber.com.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *