Hari Pertama gerakan “Jateng di Rumah Saja” : Petugas Gabungan Bubarkan Hajatan

detikcyber.com, Sukoharjo – Hari pertama pelaksanaan kebijakan Gebernur Jawa Tengah gerakan “Jateng di Rumah Saja” selama 2 hari yang dimulai dari 6-7 Februari 2021. Petugas Gabungan TNI-Polri dan dibantu oleh personel Satpol-PP Kabupaten Sukoharjo membubarkan pesta pernikahan atau hajatan yang digelar oleh warga Desa Ngadirejo, Kacamatan Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (06/02/2021).

Kapolsek Kartasura, AKP Helda Pramoda Wardhana mengatakan bahwa petugas gabungan dari Satpol PP yang dibantu oleh personel TNI-Polri membubarkan pesta hajatan di Desa Ngadirejo, Kartasura Sukoharjo dalam rangka melaksanakan kebijakan dari Gebernur Jawa Tengah tentang gerakan “Jateng di Rumah Saja”, dikarenakan adanya kerumunan orang dimana jumlah yang menghadiri pesta melebihi batas yang sudah ditentukan.

“Memang benar, petugas gabungan yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol-PP membubarkan pesta hajatan. Walaupun pesta yang digelar sudah sesuai dengan prokes, namun jumlah tamu yang datang melebihi batas yang sudah ditentukan. Sehingga menimbulkan kerumunan orang, dan terpaksa petugas melakukan pembubaran,” ungkap Kapolsek Kartasura AKP Heldan Pramoda Wardhana kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi langsung di tempat pembubaran hajatan di Desa Ngadirejo Kartasura Sukoharjo, Sabtu (06/02/2021).

Dari pantauan detikcyber.com di lapangan, meskipun petugas membubarkan pesta hajatan di Desa Ngadirejo, Kartasura, namun petugas memberikan toleransi kepada tamu dari keluarga besan untuk melancarkan prosesi pernikahan. Namun setelah acara resepsi pernikahan selesai, petugas menghimbau kepada para tamu maupun keluarga besan untuk pulang kerumah masing-masing.

Sementara itu Camat Kartasura, Suyadi Widodo mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan hal mengenai pesta hajatan yang diperbolehkan oleh Pemkab Sukoharjo.

“Pesta hajatan diperbolehkan, sebatas untuk melakukan akad nikah dengan maksimal tamu sebanyak 30 orang, menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Camat Kartasura, Suyadi Widodo kepada detikcyber.com.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *