Personel Polresta Surakarta Kenakan Kostum Gatotkaca dan Werkudara, Saat  Bagikan Masker

detikcyber.com, Solo – Aksi dari personel Polresta Surakarta saat menggunakan kostum tokoh pewayangan saat membagikan masker gratis serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19 khususnya pasar tradisional di Kota Surakarta, Rabu (03/02/2021).

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak SIK MSi mengatakan aksi kreatif dari personel Polresta Surakarta dengan menampilkan kearifan lokal budaya Jawa. Aksi kreatif dari personel Polresta Surakarta yang dilakukukan di beberapa pasar tradisional di Kota Surakarta, yang meliputi Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Pasar Legi dan Pasar Kadipolo.

“Kita dalam melakukan aksi kreatif dengan menggunakan kostum dari tokoh wayang orang yang merupakan kearifan lokal budaya Jawa,” ungkap Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi di ruangannya, Rabu (03/02/2021).

Terlihat dari aksi kreatif dari personel Polresta Surakarta yang menggunakan kostum Gatotkaca, Werkudara, Kumbokarno, dan Rahwono yang sedang membagikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar tradisional di Kota Surakarta. Aksi kreatif dari personel Polresta Surakarta bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kota Surakarta.

“Harapan saya agar dapat menggugah kesadaran masyarakat yang sedang melakukan aktifitas di pasar tradisional agar selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun maupun mematuhi himbuan dari pemerintah,” tandas Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Dalam aksinya, kita memilih pasar tradisional untuk melakukan sosialisasi, dikarenakan pasar merupakan tempat untuk aktifitas jual-beli masyarakat. Jadi dengan menggunakan tokoh pewayangan, personel juga memberikan sosialisasi, himbuan dan menggugah kesadaran masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami selain melakukan sosialisasi tentang penetapan protokol kesehatan di area pasar, sekaligus personel memberikan edukasi mengenai tertib berlalu lintas,” ungkap Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri kepada detikcyber.com.

Kehadiran dari petugas berkostum tokoh wayang orang yang nyentrik dan unik, yang berhasil menyedot perhatian para pedagang, pembeli maupun pengendara yang melintas di kawasan pasar tersebut.

“Ini merupakan hari ke-3 dari aksi personel Polresta Surakarta dalam kegiatan pembagian masker gratis kepada pedagang dan pengunjung di pasar tradisional,” terang Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri.

Gerakan aksi dengan menggunakan kostum tokoh wayang dari personel Polresta Surakarta yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, terutamanya di pasar tradisional. “Aksi ini sebagai bentuk langkah preventif dari Polresta Surakarta dalam rangka untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah hukum Polresta Surakarta,” pungkas Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *