Musrenbang Ponorogo Tahun 2022 : Reformasi Pertanian Dengan Penyerapan Sistem Pengairan Sumur Dalam, Perbaikan Jaringan Irigasi dan Penggunaan Pupuk Organik

detikcyber.com, Ponorogo – Pembangunan di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2022 mendatang difokuskan pada sektor pertanian. Hal ini dikarenakan lebih dari 70% penduduk di Kabupaten Ponorogo adalah para petani.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Ponorogo, Sumarno mengatakan bahwa pembangunan di Kabupaten Ponorogo akan difokuskan pada sektor pertanian yang sesuai dengan visi dan misi Bupati Ponorogo Terpilih.

“Salah satu misi di dalam visi misi Bupati Ponorogo Terpilih adalah APBD Untuk Rakyat. Yang artinya seluruh program kegiatan harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Sebagai besar masyarakat di Ponorogo bermatapencaharian di sektor pertanian, hampir 70%,” papar Sumarno kepada detikcyber.com saat ditemui di kantornya, Selasa (02/02/2021).

Pembangunan dari sektor pertanian diharapkan dapat mampu mendongkrak nilai tukar petani (NTP) yang mencapai 116 pada 2020 lalu. Yang artinya para petani di Ponorogo sudah mengalami kenaikan pendapatan lebih tinggi daripada pengeluaran.

“Sudah ada peningkatan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi masih belum maksimal. Maka Pemkab Ponorogo perlu meningkatkan kualitas di sektor pertanian yang mana yang ingin ditingkatkan. Mari kita cari bersama-sama,” pungkas Sumarno.

Tema Musrenbang Kecamatan Tahun 2022 Tingkat Kecamatan di Kabupaten Ponorogo adalah “Reformasi Pertanian Dengan Penyerapan Sistem Pengairan Sumur Dalam, Perbaikan Jaringan Irigasi dan Penggunaan Pupuk Organik”.

Wartawan : Budy Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *