Hampir 65 Persen Nakes di Semarang Sudah Di Vaksinasi

detikcyber.com, Semarang – Sekitar hampir 65 % tenaga kesehatan (nakes) Kota Semarang sudah divaksin. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam.

Abdul Hakam mengatakan, sekitar 26.000 nakes yang terdaftar namanya di SISDMK (Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan) sebagai penerima vaksin.
 
” Ttotal pada suntikan pertama mencapai 64,59% karena datanya bergerak dari data KCPEN yang awalnya 17 ribu sekian sekarang bergerak di 18.556 yang mendapat e tiket, walaupun logistik yang kita punya saat ini sudah di angka 20 ribu lebih,” jelas Hakam di Kantor DKK.
 
Menurutnya, data yang sudah masuk pada sistem mengalami kenaikan yang cukup cepat. Bahkan Menteri Kesehatan mengatakan tidak perlu hanya melihat data pada SISDMK saja.

Namun untuk bergerak cepat dalam vaksinasi, tenaga kesehatan yang belum terdaftar namun memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) bisa langsung mendaftarkan diri, meski untuk prosedurnya masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi.
 
“Jadi daftar nakes di SISDMK ada 26.000, padahal logistik vaksin yang ada di Kota Semarang hanya 20 ribuan, maka sisanya kami masih menunggu logistik lanjutan yang belum tahu akan diberikan kapan,” ungkapnya.

Para nakes yang belum bisa melakukan vaksin disebabkan usia yang melebihi batas penerima vaksin yakni 59 tahun, komorbid yang belum terkendala dan seorang penyintas covid.

Diharapkan kota Semarang bisa menyelesaikan vaksinasi pada akhir Februari 2021 mendatang.

Wartawan : B Sugiharto

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *