Walikota Surakarta : Terima 102 Pengungsi Korban Gempa Sulawesi Barat di Solo Techno Park (STP)


detikcyber.com, Solo – Terima kedatangan korban gempa dari Sulawesi Barat (Sulbar). Walikota Surakarta siap memfasilitasi kebutuhan sehari-hari selama di Solo Techno Park (STP).

54 pengungsi korban gempa Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) tiba di bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Kamis (21/01/2021). Kemudian para pengungsi korban gempa di Sulbar diangkut menggunakan pesawat Hercules dengan penerbangan A-1330 dari Makassar.

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav. I Nyoman Suadnyana mengatakan total keseluruhan korban gempa yang mengungsi ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah sebanyak 102 orang. Dengan rincian 54 orang pengungsi gempa Sulbar yang berada di wilayah Jawa Tengah, serta 48 orang di wilayah Jawa Timur.

Sementara itu Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyampaikan berdasarkan dari hasil rapid test antigen sebanyak 5 orang pengungsi korban gempa yang dinyatakan positif, dan sedang menjalani isolasi mandiri diruangan terpisah yang telah dipersiapkan oleh Pemkot Surakarta. Keesokan harinya akan dilakukan tes Swab PCR kepada 54 warga yang sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing,” tegas Rudy kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi di Solo Techno Park (STP), Kamis (21/01/2021).

Pemerintah Kota Surakarta telah siap untuk memfasilitasi serta memenuhi kebutuhan oara korban gempa Sulbar selama mengungsi di Kota Solo. Baru kemarin saya dikabari bahwa akan kedatangan pengungsi korban gempa di Sulbar, dan kita akan siap untuk menampung para pengungsi di Solo Techno Park (STP). Sebab dari awal pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Surakarta sudah mempersiapkan proses untuk karantina mandiri bagi pemudik. Jadi semisal sewaktu-waktu diperlukan atau dipergunakan tinggal dipakai saja. Dipersiapkan juga dapur umum daei BPBD dan Dinas Sosial untuk makan, dan minum,” beber Rudy.

Saat penyambutan pemulangan warga Jateng yang terdampak gempa di Majene, Sulawesi Barat. Rudy juga telah mempersiapkan baju ganti, setelah ada keluhan yang dialami korban gempa terkait sedikitnya baju yang dibawa akibat gempa yang mengguncang di Majene, Sulbar. Walikota Surakarta telah menyatakan sanggup dan akan menyediakan angkutan untuk proses pemulangan dari setiap korban gempa Sulbar ke daerah asal masing-masing.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

24 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *