Polres Madiun Lakukan Operasi Penyekatan Guna Cegah Pesebaran Covid-19

detikcyber.com, Madiun – Untuk mencegah semakin menyebarnya covid-19 ini banyak daerah saat ini memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Tidak hanya itu, ada juga daerah yang harus menyeleksi setiap pendatang dari luar daerah dengan melakukan operasi penyekatan. Di exit toll Dumpil Kabupaten Madiun misalnya, sejak tanggal 11 Januari lalu setiap hari diadakan operasi pemeriksaan terhadap pengemudi dan penumpang kendaraan dari luar daerah.

Pengendali operasional Polres Madiun, Iptu Warsito, setiap hari ada 400 hingga 500 kendaraan dari luar daerah yang diberhentikan di pos penyekatan Dumpil, selama PPKM di Kabupaten Madiun. Kendaraan dari luar daerah diberhentikan oleh petugas guna untuk memeriksa apakah sopir ataupun penumpang membawa surat keterangan hasil rapid tes atau tidak.

“Semua kendaraan yang melintas di Jalan Tol Solo- Ngawi yang bukan asli warga Madiun. Jadi mereka yang berada dari luar Madiun, semuanya baik dari arah Surabaya maupun dari timur dan dari barat yang dari luar kota Madiun di luar kabupaten Madiun diberhentikan oleh petugas. Kemudian diperiksa untuk rapid, surat-surat rapid yang dibutuhkan”, ungkap Iptu Warsito kepada detikcyber.com disela pemantauan penyekatan yang diadakan Polres Madiun di Exit Tol Dumpil, Kabupaten Madiun, Rabu (19/01/2021).

Jika sopir maupun penumpangnya bisa menunjukkan surat keterangan hasil rapid test, maka dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan masuk wilayah kabupaten Madiun.

“Namun apabila sopir ataupun penumpang tidak bisa menunjukkan surat hasil rapid test maka dipersilahkan untuk putar balik. Dalam operasi penyekatan ini, Polres Madiun dibantu oleh personel dari TNI, BPBD serta Banser NU yang total keseluruhannya berjumlah 21 orang,” pungkas Iptu Warsito.

Sementara itu, berdasarkan data pesebaran virus Covid-19 di Kabupaten Madiun pada 18 Januari 2021 menunjukkan jumlah yang terkonfirmasi positif virus Covid-19 mencapai 542 orang, meninggal dunia 50, suspek 12 serta isolasi mandiri 35 orang.

Wartawan : Budy Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *