Walikota Surakarta Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinisasi Covid-19 di Puskesmas
Walikota Surakarta Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinisasi Covid-19 di Puskesmas

detikcyber.com, Solo – Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dalam rangkaian agenda Mider Praja, Jumat (15/01/2021) yang didampingi oleh Sekda Kota Surakarta, Ahyani, Kepala Dinas Kesehatan Siti Wahyuningsih serta Muspida Kota Surakarta melakukan peninjauan langsung di beberapa Puskesmas di Kota Surakarta.

Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Surakarta sudah berjalan dua hari, yang dimulai kemarin, Kamis (14/01/2021). “Selama dua hari ini, saya memastikan langsung pelaksanaan vaksinisasi bagi tenaga kesehatan berjalan dengan lancar sesuai target,” ungkap Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada detikcyber.

Untuk alur pelayanan vaksinisasi Covid-19 bagi calon para penerima vaksin harus melalui 4 meja. Alur 4 meja tersebut sudah tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor hk. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksin Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Disease 2019 ( Covid-19) yang ditandatangani oleh Dirjen P2P, Muhammad Budi Hidayat pada 2 Januari 2021.

Pada meja pertama merupakan alur pendaftaran dan verifikasi data bagi calon penerima vaksin. Untuk meja kedua petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan, mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana yang berupa pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah.

Lalu untuk di meja ketiga ini dilakukan penyuntikan vaksin, serta untuk meja keempat dilakukan pencatatan dan petugas meminta untuk penerima vaksin menunggu 30 menit terlebih dahulu, sebagai antisipasi bila mana ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Yang terakhir penerima vaksin diberikan kartu vaksin serta penanda edukasi pencegahan Covid-19. Kartu Vaksin yang diberikan berupa manual ataupun elektronik.

Wartawan : Dhiki Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Speed up and optimize your PC with CCleaner

CCleaner is the number one tool for cleaning your PC.
It protects your privacy and makes your computer faster and more secure.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure