Pelanggar PPKM Kena Teguran Hingga Kerja Sosial

detikcyber.com, Semarang – Pengelola pertokoan, ritel, mal, pasar moderen secara umum mematuhi pembatasan jam operasional dalam Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Tengah.

Namun, masih ada pelanggaran protokol kesehatan terkait dengan kerumunan massa serta jam operasional buka usaha bagi Pengelola pertokoan, ritel, mal, pasar modern.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna memaparkan dari hasil monitoring dan evaluasi Operasi Yustisi dalam rangka PPKM hari ke-1 di Jawa Tengah, Selasa (12/01/2021).

Meskipun PPKM di Jateng berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Namun masih ada beberapa yang melebihi batas waktu untuk menutup usahanya.

“Sebagian besar pengelola pertokoan, ritel, mal, pasar modern mematuhi akan jam operasional yang tutup pada jam. 19.00 WIB. Hanya ada beberapa saja yang masih buka melebihi batas waktu tutup dan diberikan surat teguran pertama,” ungkap Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar kepada detikcyber.com, Selasa (12/01/2021).

Beberapa temuan pelanggaran yang terbanyak, yang terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

“Masih ada kerumunan, tidak dipatuhinya penggunaan masker secara baik dan benar, serta jaga jarak minimal 1,5 meter,” ungkap Iskandar.

Hukuman dan sanksi yg diberikan kepada pelanggar mulai dari yang berupa teguran lisan, tertulis, maupun kerja sosial.

“Pelanggar hari pertama dikenai sanksi macam-macam mulai dari teguran lisan dan tertulis, kerja sosial, hukuman fisik, menyanyikan lagu kebangsaan, diwajibkan beli masker hingga membuat surat pernyataan,” pungkas Iskandar.

Iskandar menambahkan bahwa pelaksanaan Operasi Yustisi tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP, Dinkes, ASN, sukarelawan masih terus berlangsung. Dan pelaksanaan Operasi Yustisi akan dilakukan minimal tiga kali sehari yaitu bisa pagi, siang ,sore dan malam.

Wartawan : B Sugiharto
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *