Pemkab Magetan Berlakukan Jam Malam, Meski Tidak Termasuk Wilayah yang Terapkan PPKM

detikcyber.com, Magetan – Meskipun Kabupaten Magetan tidak termasuk dalam kategori wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun perlu diketahui bahwa Kabupaten Magetan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi dan wilayah Madiun serta menjadi akses pintu keluar masuk perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, Hergunadi mengatakan bahwa wilayah nya akan menyesuaikan dengan Peraturan Gebernur Jawa Timur. Dikarenakan Kabupaten Magetan berbatasan dengan wilayah yang menerapkan PPKM.

Selain itu Pemkab Magetan akan memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, dam meningkatkan perubahan perilaku masyarakat. ” Dengan mengadakan operasi yustisi, pembatasan hajatan dengan maksimal tamu 25%. Serta pemberlakuan jam malam untuk kegiatan masyarakat pada malam hari sampai jam.21.00 WIB”, ucap Hergunadi kepada detikcyber.com, Selasa (12/01/2021) siang.

Hergunadi menambahkan tidak boleh berkerumun, serta wajib mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker, hingga menjaga kebersihan dengan mencuci tangan memakai sabun.

“Dan untuk tempat wisata tidak ada penututupan obyek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Magetan, Namun hanya saja jumlah pengunjung dibatasi maksimal 25% hingga 30%, serta ada pengawasan prokes yang ketat terhadap pengunjung,” ucap Hergunadi kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (12/01/2021).

Sebagai informasi bagi masyarakat utamanya di Kabupaten Magetan, PPKM ini berbeda dengan PSBB. PPKM hanya lah membatasi kegiatan masyarakat sehari-hari bukan dilarang.

“Kebijakan PPKM kan pekerja yang melakukan Work From Home (WFH) 75%, kalau PSBB semua WFH. Kemudian rumah ibadah hanya diperbolehkan terisi 50% dari kapasitas, tempat makan dibatasi 25%, serta pusat perbelanjaan hanya buka sampai jam.19.00 WIB.

Wartawan : Budy Prasetyo

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *