Menpora Buka FGD Finalisasi Grand Design Keolahragaan Nasional Di Surabaya

detikcyber.com, Surabaya – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali hadir membuka finalisasi grand design keolahragaan nasional, di Surabaya, Sabtu (09/01/2021).

Menpora mengatakan grand design merupakan kerjasama serta hasil menjaring aspirasi dari berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah maupun perguruan tinggi untuk kemajuan olahraga nasional kedepan.

“Kemenpora bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk melakukan uji publik dalam bentuk FGF tentang grand design keolahragaan nasional. Ini adalah etape terakhir setelah berkeliling di beberapa perguruan tinggi dan beberapa provinsi dan menghimpun masukan dari masyarakat sekaligus membedah tentang grand design keolahragaan nasional yang dipersiapkan. Sehingga nantinya begitu final maka inilah hasil dari keseluruhan. Bukan Kemenpora saja, akan tetapi seluruh stakeholder termasuk pemerintah,” jelas Menpora Zainudin Amali kepada detikcyber.com

Menpora berharap produk yang dihasilkan nantinya akan bisa menjadi pedoman mulai dari tatanan kabupaten, kota, provinsi hingga nasional.

“Produknya ini akan diketahui oleh semua orang. Dan saat implementasi nanti tidak ada lagi yang tidak tahu. Dikarenakan semua terlibat. Itu sebabnya kami keliling di berbagai perguruan dan daerah,” imbuh Menpora Zainudin Amali.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora kerena Jatim dipilih menjadi tempat uji publik grand design. Ia berharap hal itu bisa jadi motivasi Jatim untuk menjadi yang terbaik dalam penerapannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora agar ekosistem olahraga terutama prestasi bisa dibangun. Dan suatu kehormatan uji publik final diadakan di Jatim. Ini motivasi Jatim , dengan menjadi provinsi penduduk terbesar kedua di Indonesia, bisa menjadi pilot atau awal ekosistem berbasis grand design yang disiapkan Menpora dan stakeholder, ” ungkap Emil Dardak kepada detikcyber.com.

Di sisi lain, rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Nurhasan, mengatakan grand design yang dirancang oleh pakar-pakar olahraga, diharapkan menciptakan Indonesia Bugar pada 2045 mendatang dan masuk dalam 15 besar Olimpiade.

“Luar biasa apresiasi kepada Jatim dan Surabaya dalam rangka finalisasi grand design. Ini momentum yang harus kita lakukan bersama. Kita bedah betul, semua stkeholder yang dilibatkan untuk membangun ilmu keolahragaan agar Indonesia kedepan menjadi lebih baik,” pungkas Nurhasan.

Wartawan : Budy Prasetyo
Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *