PASAR WIRADESA MULAI DIBANGUN

detikcyber.com, Kajen – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si melakukan Ground Breaking Rehabilitasi Bangunan Pasar Wiradesa, Kamis (7/1/2020)

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi. Hamonangan Lumban Toruan, S.IP., Ketua DPRD Kab Pekalongan Hj. Dra. Hindun, MH., Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra, Kepala Kejaksaan Negeri Pekalongan Mardani, S.H., OPD Kab. Pekalongan, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Kementerian PUPR – Cakra Nagara, ST.MT.ME.

Kemudian, Camat Wiradesa Sdr. Bambang Yuswanto SIP., Kapolsek Wiradesa AKP Agus Sulistwiantoro, S.H., Danramil 10 Wiradesa Kapten CPM. Abdul Khamim, PM PT. PP Urban jakarta Mara Naele Pane, Draffer PT. Sarana Budi Ginta Aditya P, Ketua P3W Pasar Wiradesa Sugiyanto dan Tokoh Masyarakat Wiradesa Wahyono.

Bupati Pekalongan dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan pasar Wiradesa anggarannya berasal dari skema pendanaan dari Perpres 79 tahun 2019 senilai Rp 70 Milyar lebih. Merupakan salah satu penopang perekonomian di Kabupaten Pekalongan yang merupakan tempat interaksi antara pedagang dengan pembeli dan diharapkan dengan adanya rehab pasar Wiradesa baik pedagang maupun pembeli dapat lebih nyaman lagi nantinya.

“Dengan adanya Rehabilitasi Bangunan Pasar Wiradesa Kabupaten Pekalongan, diharapkan masyarakat dapat lebih maju dan nantinya dapat menumbuhkan kembali minat konsumen untuk belanja di pasar rakyat,” ujar Bupati.

Disampaikan Asip bahwa Pemerintah Kabupaten Pekalongan dari tahun 2018 s.d 2021 sudah membangun / rehabilitasi 7 Pasar diantaranya Kedungwuni 2 kali, pasar Doro, Sragi , Kajen, Tirto dan Pasar Wiradesa.

“Diharapkan dengan dibangunnya pasar Wiradesa semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah peningkatan perekonomian khususnya di Wilayah Kecamatan Wiradesa dan umumnya warga Kabupaten Pekalongan,” ucap Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, S.H., M.Si.

Dijelaskan Bupati, ada 2000 lebih pedagang yang nanti akan ditampung dan ditata sedemikian rupa dan Ia optimis hal ini bisa menggairahkan sekaligus meningkatkan pendapatan.

“Oleh karena itu mudah-mudahan pasar ini bisa dibangun tepat waktu dengan memperhatikan standar kualifikasi (kualitas) yang bisa kita pertanggungjawabkan sekaligus menambah pengembangan potensi baru, karena ini disamping ada pedagang baru juga tidak menutup kemungkinan kapasitasnya akan kita tambah.sehingga memungkinkan pedagang pendatang atau pedagang baru,“ lanjutnya.

Kemudian kepada seluruh warga masyarakat, Bupati memohon doa agar pembangunan pasar Wiradesa bisa lancar, tepat waktu dan tepat mutu serta bermanfaat untuk ikhtiar meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Pekalongan.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Kementerian PUPR, Cakra Nagara, ST.MT.ME menambahkan bahwa pasar Wiradesa dibangun dengan luas 1,8 Hektar, dan durasi pekerjaan selama 300 hari, dimulai tanggal 24 November 2020 sampai dengan 19 September 2021.

“Memang kemarin ada sedikit hal yang harus kita benahi bersama Pemda yaitu pembebasan lahan,supaya bersih semua, kalau bersih kita cepet, “ ujar Cakra.

Kegiatan dilanjutkan dengan penekanan sirine yang dilakukan oleh Bupati Pekalongan didampingi Forkopimda dan seluruh tamu undangan sebagai tanda bahwa telah dimulainya pembangunan Pasar Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Wartawan ::LELES M

EDITOR : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *