Kebijakan PSBB se Jawa Bali, “Pil Pahit yang Harus Ditelan”

detikcyber.com, Solo – Kendati kebijakan Pemerintah Pusat menjadi “Pil pahit yang harus ditelan”. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) se Jawa Bali mulai 11 hingga 25 Januari 2021, sudah dipertimbangkan pemerintah pusat secara matang.

Kalangan DPRD Kota Surakarta berharap, meskipun berdampak bagi masyarakat luas secara umum, tidak akan menimbulkan efek yang krisis.

“Secara umum dampak dari kebijakan PSBB pasti akan terjadi. Namun semoga kebijakan PSBB tidak menimbulkan dampak-dampak yang memberikan efek krisis bagi masyarakat secara luas, “ ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta Sugeng Riyanto kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (08/01/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ), Sugeng Riyanto mengatakan ketika menggulirkan PSBB pemerintah pusat sudah memperhitungkan dampak-dampak hutang dari PSBB, meskipun pemerintah juga tidak abai. Untuk distribusi logistik misalnya tetap bisa didistrisikan kepada masyarakat.

“Pasar tetap menggeliat, namun dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Kantor bisa diselesaikan di rumah 25 %, di kantor 75 % misalnya,” pungkas Sugeng.

Sementara itu Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta, YF Sukano menyatakan kebijakan pemerintah pusat PSBB akan sangat berpengaruh. Hanya saja berdasarakan dari pengalaman status Kejadian Luar Biasa (KLB ) pada awal Maret 2020, masyarakat Kota Surakarta tidak akan kaget dengan diterapkan PSBB nanti. Demikian pula warga di daerah yang lain.

“Saya mengira kebijakan PSBB pasti akan berpengaruh, namun dengan yang kemarin sudah melaksanakan PSBB lokal, KLB lokal masyarakat tidak akan kaget lagi pasti bisa melaksanakan peraturan pemerintah dengan tetep menerapkan protokol kesehatan,” ungkap YF Sukasno kepada detikcyber.com saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (08/01/2021).

Untuk kinerja wakil rakyat yang berada di DPRD Kota Surakarta tidak akan terganggu. Meskipun kegiatan Januari hingga Pebruari 2021 sudah dijadwalkan. Hanya saja akan mengakibatkan pergeseran jadwal kegiatan pada masa PSBB berlangsung.

Wartawan : Dhiki Prasetyo

Editor : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *