Himbauan Kapolres Sukoharjo Dan Dandim Ancam Pidana Pelaku Kerumunan, Jelang Kepulangan Ustad ABB

detikcyber.com, Sukoharjo – POLRI dan TNI mulai melakukan koordinasi sebagai antisipasi munculnya kerumunan.

Hal itu dilakukan sebagai persiapan kepulangan Ustad Abu Bakar Basyir (ABB) ke rumahnya di lingkungan Ponpes Al Mukmin Ngruki Cemani Grogol Sukoharjo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengatakan selain TNI/POLRI koordinasi juga dilakukan bersama jajaran Pemkab Sukoharjo, terutama Kecamatan Grogol sebagai pemangku wilayah.

“Kami selaku aparat keamanan melarang keras terjadinya kerumunan massa. Apabila nekat, maka kami bersama Satgas Covid 19 tidak segan akan langsung membubarkan dengan ancaman pidana,” tegas Bambang Yugo kepada detikcyber.com, Rabu (06/01/2021).

Menjelang kepulangan Ustad ABB, bersama stake holder terkait terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak ikut datang untuk menyambut.

“ Untuk sosialisasi sudah kami lakukan kepada masyarakat untuk tidak melakukan penyambutan dengan berkerumun. Silahkan dirumah saja agar aman dari penyebaran virus Covid 19,” tandas Bambang Yugo.

Selain itu, TNI/POLRI juga berkoordinasi dengan pihak keluarga Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dan Ponpes Al Mukmin Ngruki, untuk memastikan tidak ada acara penyambutan.

“Kami sudah menjalin koordinasi dengan pihak keluarga Ustad ABB dan pihak Ponpes untuk memastikan tidak ada acara penyambutan seremonial yang berpotensi menimbulkan kerumunan” cetus Bambang Yugo.

Sementara itu, Komandan Kodim Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan menyatakan siap membackup pengamanan, sebagai intsruksi dari Danrem 074/WRT Kolonel Inf Rano Tilaar yang memerintahkan untuk melakukan penyekatan di wilayah Soloraya.

“ Kami mengikuti perintah dari atasan dalam hal ini Pak Danrem. Nanti ada penyekatan yang dilakukan di semua pintu masuk dari berbagai wilayah. Agar tidak ada pendatang yang masuk ke Sukoharjo untuk bertemu ataupun menyambut Ustadz Abu Bakar Ba’asyir,” tandas Dandim Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy kepada detikcyber.com, Rabu (06/01/2021).

Akibat dari kasus terorisme Pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki Cemani Sukoharjo, Ustad ABB telah menyeselaikan seluruh hukumannya selama 15 tahun, dan pada hari Jumat (08/01/2021) bebas murni.

Wartawan : Dhiki Prasety

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *