Polres Karanganyar Ungkap 121 Kasus Kejahatan Selama Tahun 2020

detikcyber.com, Karanganyar – Polres Karanganyar berhasil mengungkap tindak kejahatan sebanyak 121 kasus selama tahun 2020. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dibandingkan tahun lalu pengungkapan kasus tahun ini naik sebesar 26 %.

Kapolres Karanganyar, AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H, S.I.K, M.Si, saat konferensi pers akhir tahun didampingi Wakapolres Karanganyar, Kompol Busroni, Kasubbag Humas Iptu Agung dan Kasat Reskrim Polres Karanganyar, Tegar Satriyo Wicaksono, SH, SIK di Aula Jananuraga Mapolres Karanganyar, Kamis (31/12/2020).

Selama tahun 2020 terjadi 121 tindak kejahatan di Wilayah Kabupaten Karanganyar. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 26 % dibanding dengan tahun 2019.

Kapolres Karanganyar saat trina penghargaan dari Kapolda

“Kejadian kejahatan bertambah, namun penyelesaian perkara juga meningkat. Yang artinya upaya dalam penyelesaian perkara mengalami kenaikan,” ungkap Leganek Mawardi.

Dari jumlah kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Karanganyar, ada kasus yang jumlahnya meningkat yaitu terkait penipuan. Dari target ungkap sebanyak 27 kasus, kita berhasil mengungkap 23 kasus dan semuanya selesai tidak ada tunggakan.

Knalpot brong yang disita

Langkah penegakan hukum atas kasus menonjol yang jadi prioritas Kapolres Karanganyar, antara lain pengungkapan kasus pembakaran hutan di Tawangmangu, kasus curanmor, narkoba, perjudian, hubungan dibawah umur, jaringan pemalsuan STNK, serta korupsi kas desa.

Dari 121 kasus dari 142 total kasus, serta kabupaten Karanganyar bebas dari knalpot brong untuk upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat kabupaten Karanganyar.

“Menindaklanjuti aduan dari masyarakat yang menjadi keluhan. Secara masif Polres Karanganyar melaksanakan razia knalpot brong di titik-titik rawan,” tegas Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi kepada wartawan detikcyber.com, Kamis (31/12/2020) siang.

Alhasil di tahun 2020, ratusan knalpot brong berhasil dimusnahkan dengan sinergi dibangun bersama TNI dengan pemerintah daerah kabupaten Karanganyar. Polres Karanganyar menjadi garda terdepan untuk mewujudkan karanganyar yang maju dan tangguh, meski di tengah pandemi Covid-19.

“Wujud sinerginitas Polri-TNI, dan Pemerintah Daerah kabupaten Karanganyar yang meliputi pembentukan dapur umum, kegiatan menjaga ketahanan pangan, kampung siaga Covid-19, ponpes siaga Covid-19, bakti sosial, dan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar,” papar Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi.

Disisi lain Polres Karanganyar secara rutin menggelar latihan bersama maupun apel tanggap bencana bersama TNI, Pemerintah Daerah, BPDB, serta relawan kemanusiaan yang ada di kabupaten Karanganyar.

“Ada 13 kejadian bencana alam yang terjadi di sepanjang tahun 2020 dapat ditangani dengan baik, sehingga dapat meminalisir korban jiwa maupun material,” pungkas Kapolres Karanganyar, Leganek Mawardi.

Kejadian yang menonjol di tahun 2020, terror dengan senjata tajam yang melukai Wakapolres Karanganyar, Kompol Busroni, Bripda Hanif Ariyono serta seorang pengunjung di Cemoro Kandang, Tawangmangu.

“Dengan kesigapan berhasil melumpuhkan pelaku dengan tindakan tegas,” ungkap Kasatreskrim Polres Karanganyar, Tegar Satriyo kepada wartawan, Kamis (31/12/2020) siang. (Dhiki Prasetyo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *