RSUD Soedono Kota Madiun, Siapkan Ruang Isolasi Cadangan

detikcyber.com, MADIUN – Pasien positif covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD dr. Soedono Kota Madiun terus bertambah dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Bahkan, tingkat keterisian tempat tidur (TT) isolasi di rumah sakit rujukan pasien covid-19 milik Pemprov Jatim sekitar 85 persen dari kapasitas yang ada.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD dr. Soedono Kota Madiun, dr. Hafidin Ilham, Sp.An mengatakan, sejauh ini pihak rumah sakit menyediakan tiga ruangan isolasi pasien covid-19. Yakni di Ruang Wijaya Kusuma B, Merpati C serta ruangan lantai 6 gedung Trauma Center. Secara keseluruhan ada 70 tempat tidur pasien Covid-19 yang disediakan.

Sampai saat ini sudah terisi 85 persen dari kapasitas ruangan yang disediakan. Menurut dr. Ilham, apabila kasus Covid-19 mengalami peningkatan, tidak menutup kemungkinan manajemen RSUD dr. Soedono Madiun menambah satu ruangan cadangan.

“Dari 70 tempat tidur yang kita sediakan, sudah terpakai 85 persen dari total keseluruhan. Adapun ruangan cadangan yang kita sediakan total ada 18 tempat tidur. Bahkan kalau memungkinkan ruangan Wijaya Kusuma A akan kita pergunakan untuk eskalasi pasien-pasien covid-19,” ucap Dr. Hafidin Ilham, Jum’at (25/12/2020).

“Pihaknya juga menyiagakan tenaga medis khusus menangani pasien covid-19, selain sarana prasarana. Secara keseluruhan ada 50 tenaga kesehatan serta 12 dokter umum yang disiagakan dan bekerja dengan sistem shift. Tenaga yang ada terus diotimalkan, apalagi memasuki libur akhir tahun 2020,” tegas Dr. Hafidin Ilham.

Dr. Hafidin Ilham menegaskan, pelayanan pasien Covid-19 menjadi skala prioritas. Dikarenakan pada momentum libur akhir tahun 2020, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota jika tidak ada keperluan mendesak. Hal itu semata untuk mencegah peningkatan kasus covid-19. Disamping itu masyarakat disarankan untuk menghindari kerumunan serta mematuhi protokol kesehatan.

“Saya himbau masyarakat kalau memang tidak ada keperluan mendesak atau emergency mending stay at home berada di rumah saja, hindari kerumunan dan patuhi protokol kesehatan,” tandasnya. (Budy Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *