Perayaan Natal 2020 di Kota Madiun Berlangsung Khidmat

detikcyber.com, MADIUN – Perayaan Natal 2020 di Kota Madiun berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Meskipun jauh berbeda dibanding dengan tahun sebelumnya dampak pandemi covid-19.

Tentu, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan sesuai ketentuan pencegahan penularan Covid-19. Bahkan tidak ada kemeriahan dalam perayaan Natal 2020, melainkan suka cita dalam kesederhaan.

Suasana perayaan natal

Kepala Paroki Gereja Katolik Mater Dei Madiun, Romo Robertus Joko Sulistyo, mengungkapkan Tema Natal 2020, yakni “…..dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” sebagaimana diambil dari Matius 1:23, saat diwawancarai oleh wartawan di sela pelaksanaan Misa Natal, Jum’at (25/12/2020).

Ayat yang diambil dari tema Natal 2020 merupakan bagian dari kisah kelahiran Yesus yang dituliskan oleh Matius. Disisi lain, pesan Natal 2020, seluruh jemaat turut serta melawan Covid-19.

“Perayaan Natal 2020, cenderung suka cita dalam kesederhanaan. Yang artinya kemeriahan yang tidak ‘wah’ dikarenakan situasi keprihatinan dampak pandemi Covid-19. Sehingga gereja turut ambil bagian agar pandemi Covid-19 segera berlalu dan kita tetap sehat, orang lain juga sehat,” ungkap Romo Robertus Joko.

“Serta pesan Natal 2020 adalah Imanuel, Allah kan menyertai kita. Dengan harapan kita mengalami pengalaman penyertaan allah dalam kehidupan sehari-hari dan akhirnya bisa ikut ambil bagian dalam menjadi kehadiran ditengah-tengah orang lain,” pungkasnya.

Sementara itu, seorang jemaat gereja Mater Dei Madiun, Angel, mengaku senang bisa bertemu dengan jemaat gereja meskipun perayaannya tidak semeriah tahun sebelumnya. Angel berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga aktivitas bisa kembali normal.

“Kita walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yang atinya harus menjaga jarak, mencuci tangan serta memakai masker. Jadi yang awalnya takut (terpapar Covid-19.red) saat ini sudah sedikit terminimalisasi,” terang Angel.

Misa Natal 2020 Gereja Katolik Mater Dei Madiun, berlangsung dua hari, Kamis malam (24/12/2020) pukul 18.00 WIB dan 21.00 WIB. Misa perayaan Natal 2020 pagi dilaksanakan pukul 07.00 dan 09.00 WIB. Adapun pihak gereja juga mempersingkat durasi ibadah Natal, yang sebelumnya 3 jam, menjadi 1 jam guna untuk menghindari kerumunan di satu ruangan dalam waktu lama. (Dhiki Prasetyo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *