Hari Ini, Naik KA Wajib Negatif Rapid Test Antigen

detikcyber.com, MADIUN – Masyarakat yang ingin naik kereta api harus menunjukkan hasil rapid test antigen dengan hasil negatif. Persyaratan ini mulai berlaku Selasa (22/12/2020) hingga 8 Januari 2021.

Manager Humas PT KAI Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan mulai tanggal 22 Desember 2020 seluruh calon penumpang KA jarak jauh di Pulau Jawa harus menyertakan surat rapid test antigen. Sedangkan untuk surat rapid test antibody dan surat keterangan sehat sudah tidak berlaku.

Sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No. 3 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No. 23 tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

“KAI mematahui seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi moda darat yaitu kereta api,” ungkap Ixfan kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (22/12/2020).

Penumpang yang menggunakan moda transportasi darat, kereta api jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan menunjukkan surat hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan. Syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA jarak jauh dengan usia di bawah 12 tahun.

“Setiap pelanggan yang menggunakan moda transportasi darat, KA jarak jauh harus dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, serta demam. Selain itu harus memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Selama dalam perjalanan, penumpang harus menggunakan face shield serta dihimbau menggunakan pakaian lengan panjang,” terang Ixfan.

Ixfan menyampaikan bahwa KAI menyediakan layanan rapid test antigen di stasiun dengan tarif Rp105.000. Penyediaan layanan rapid test antigen ini sudah dimulai pada Senin kemarin.

“Layanan rapid test antigen hanya tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon Prujukan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, serta Surabaya Pasar Turi,” jelas Ixfan kepada wartawan.

Dikarena waktu pelaksanaan rapid test antigen membutuhkan waktu lebih lama, untuk itu calon penumpang moda transportasi darat KA supaya bisa menyiapkan waktu yang cukup. Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan rapid test antigen di stasiun supaya melakukannya H-1 sebelum perjalanan. (Budy Prasetyo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *