Anggota DPR Eva Yuliana Serahkan Bantuan Alsintan 49 Unit Bagi Petani di Kabupaten Sukoharjo

detikcyber.com, SUKOHARJO – Anggota Komisi 3 DPR RI Eva Yuliana memanfaatkan masa reses di akhir tahun ini untuk bertemu para petani di Sukoharjo.

Politisi Partai Nasdem, menyampaikan bantuan alat mesin tanam (Alsintan) sebanyak 49 unit yang secara simbolis diterima oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Sukoharjo, Netty Harjianti di Soto Hartono Begajah, Selasa (22/12/2020).

“Alsintan yang diberikan meliputi alat panen atau “combine harvester sebanyak dua unit, traktor roda dua sebanyak 22 unit, serta pompa air 25 unit,” ungkap Eva Yuliana kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Supaya dipergunakan bagi Kelompok Tani (Klomtan) maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta diharapkan dapat mendukung program pertanian di Kabupaten Sukoharjo.

“Secara khusus kami memberikan apresiasi kepada petani di Sukoharjo dikarenakan di masa pandemi saat ini hasil pertanian di Sukoharjo tidak berpengaruh,” ungkap Eva.

Eva berharap pertanian di Sukoharjo lebih kuat lagi sebagai menjadi lumbung pangan di Jawa Tengah dan nasional, serta hasilnya lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Sukoharjo, Nyonya Netty Harjianti mengatakan, kendati ditengah pandemi Covid-19 selama ini untuk hasil pertanian Sukoharjo tidak mengecewakan.

“Dengan bantuan Alsintan, kami berharap target pertanian modern di Sukoharjo bisa segera terealisasi merata di seluruh Sukoharjo. Karena, alsintan mendorong petani untuk meningkatkan produksi, mempercepat proses tanam, proses panen sehingga luas tambah tanam bisa meningkat satu tahun mendatang,” ungkap Nyonya Netty Harjiyanti kepada wartawan.

Selain diserahkan ke Klomtan dan Gapoktan, Alsintan juga dapat digunakan untuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) sehingga dapat menambah pendapatan petani ataupun Klomtan.

“ Untuk alsintan di Sukoharjo sendiri, kami akui sudah cukup banyak. Hanya saja, selama ini alsintan hanya bisa dipergunakan untuk mengelola lahan di daerah sekitarnya,” cetus Nyonya Netty Harjianti saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (22/12/2020). (Dhiki Prasetyo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *