Masuk Kota Blitar Wajib Serahkan Rapid Test Antigen

detikcyber.com, Blitar – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid – 19, Pemkot Blitar menerbitkan aturan bagi para pendatang menjelang libur panjang Natal dan tahun baru. Mereka pendatang yang singgah lebih dari tiga hari, wajib menyerahkan hasil rapid antigen.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 188/4989/410.010.2/2020. Dalam klausul nomor 9 tertulis, bagi pendatang yang masuk Kota Blitar lebih dari tiga hari agar menyampaikan hasil rapid antigen. Kecuali anak-anak di bawah umur 12 tahun.

Saay dikonfirmasi, Hakim Sisworo Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, menerangkan, pemantauan pendatang menjadi kewajiban satgas di masing-masing kecamatan. Pemantauan secara teknis akan dilakukan di lingkup terkecil RT yang melaporkannya ke Satgas COVID-19 di tiap-tiap kecamatan.

Aturan diberlakukan mulai hari ini sampai masa libur panjang selesai. Nanti pemantauan dilaksanakan satgas di masing-masing kecamatan yang berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas atau relawan dari warga,” terang Hakim, Sabtu (19/12/2020).

Lebih lanjut Hakim menegaskan, bagi pendatang yang tidak atau belum menyerahkan hasil rapid antigen, maka satgas mengarahkan pendatang melakukan rapid antigen di beberapa rumah sakit swasta yang berada di Kota Blitar.

“Jadi ketika keluar masuk kota Blitar dipastikan bebas Corona. Passlnya kota Blitar masih zona merah lho,” lanjutnya.

Hakimb uga menghimbau warga Kota Blitar tidak pergi ke mana-mana saat libur panjang. Dikhawatirkan, begitu balik ke Blitar membawa virus,” lanjutnya.

Dalam surat edaran juga ditegaskan kembali larangan melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan, saat malam pergantian tahun. Termasuk larangan keras menyalakan petasan, kembang api dan minum-minuman keras.

Pemkot Blitar juga meniadakan perayaan pergantian tahun menutup akses untuk masuk ke alon-alon. Lokasi wisata juga akan ditutup seperti Taman Rakyat Kebonrojo, Taman Pecut, Makam Bung Karno, Istana Gebang, Sumberudel, Agrowisata Belimbing dan beberapa lokasi wisata yang dikelola perorangan per tanggal 1 sampai 4 Januari 2020. (Ky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *